Hamil 12 minggu : Panduan Ibu Hamil lengkap

0
259

Hamil 12 minggu berarti bunda telah memasuki bulan ke-3 dan janin terus berkembang, serta mual muntah pada kehamilan relatif mulai berkurang minggu ini. Untuk melihat minggu sebelumnya, silahkan baca panduan ibu hamil lengkap dari doktermuslim.

Perubahan Ibu Hamil 12 minggu

Pada minggu ini rahim terus berkembang dan dokter anda mulai dapat merasakannya pada perut bagian bawah. Anda mungkin belum memerlukan pakaian hamil khusus pada minggu ini, tetapi juga hendaknya mulailah tidak memakai pakaian ketat.

Jika anda merasa tidak nyaman dengan pakaian yang dipakai sekarang, misal celana jean, dan rok yang mengikat perut, maka gantilah dengan yang lebih longgar. Perubahan kulit juga mulai terjadi seperti menghitamnya areola. Perubahan lain yang dapat terjadi seperti munculnya patch kehitaman pada wajah dan leher.

Fenomena tersebut disebut dengan kloasma atau mask kehamilan. Patch ini (ruam kulit ini) biasanya menghilang dan menjadi lebih tidak terlihat setelah melahirkan.

Perkembangan Janin hamil 12 minggu

Pada minggu ini janin mulai lebih terlihat dan terkenali tampakan gerakan mata menutup dan menutupnya telinga ke posisi lubang telinga. Usus juga tumbuh cepat dan meluas hingga tali pusar, tetapi mulai kembali masuk ke abdomen.

Jadi usus keluar dulu baru masuk. Jika gagal masuk, akan memicu kelainan yang disebut dengan omphalokel, dan gastroschisis. Ginjal dapat mulai mensekresi urin, dan sistem syaraf mulai matang. Janin berkembang lebih kompleks dimana refleks mulai muncul seperti refleks menyedot.

Ukuran janin minggu ini sekitar 8 cm panjangnya dengan berat 28 gram pada akhir minggu. Bila diibaratkan, sepanjang pisang mas atau pisang susu. Masih sangat kecil bukan?walaupun terkesan kecil, tetapi disinilah kehidupan bermula.

Baca Juga:  Hamil 7 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Apa yang harus dilakukan Hamil 12 minggu

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengatur pola makan dan menyesuaikan dengan nutrisi yang dibutuhkan bagi janin. Sangat penting untuk memilah makanan yang baik dan tidak baik bagi kesehatan. Anda tidak perlu khawatir jika berat badan meningkat, karena peningkatan berat badan pada ibu hamil adalah hal yang normal.

Hindarilah makanan:

  1. Makanan cepat saji seperti sosis, burger, kentang goreng dan lainnya
  2. Hindari makanan yang terlalu manis dan berlemak tinggi
  3. Hindari mengemil pada malam hari

Tips untuk Ibu Hamil

Banyak ibu memperoleh manfaat dari senam kegel sebelum, selama dan setelah kehamilan. Senam kegel ini akan membantu menguatkan otot dasar panggul. Wanita hamil yang melakukan senam ini akan membantunya melahirkan dengan lancar, dan membuat tonus otot membaik setelah proses persalinan, sehingga sangat bermanfaat sekali.

Tips Untuk Suami

Perubahan pada istri biasanya mulai terlihat dan menjadi tantangan sendiri bagi suami. Mulailah mengapresiasi dan peduli dengannya dengan membantunya melakukan aktifitas dan pekerjaan rumah, termasuk membantu membersihkan tangan, kaki, punggung ibu setiap harinya. Anda juga dapat memberikan perawatan lebih baik dengan losion dan minyak pijat yang membuat ibu lebih nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here