Hamil 23 minggu : Pedoman Ibu Hamil Lengkap

0
297

Hamil 23 minggu berarti usia kehamilan anda telah memasuki trimester kedua pertengahan, dan sudah terjadi perubahan pada perut dan janin anda. Rahim sekarang semakin membesar sekitar 3,8 cm diatas pusar, dan penambahan berat anda sekitar 5,4 kg hingga 6,8 kg. Orang lain juga sudah mulai melihatĀ  sesuatu yang berbeda pada tubuh anda dimana merasa tubuh anda relatif besar.

Rahim anda akan menduduki tepat di atas kandung kemih anda, dan dapat menyebabkan pengeluaran cairan ke celana dalam anda berupa urin. Beberapa orang dapat keluar cairan amnion juga, dan sulit membedakan bagi orang awam antara urin atau cairan amnion. Jika membran amnion pecah, maka seperti muncrat cairan amnionnya.

Cairan amnion relatif tidak bau, dan jika anda curiga ada kebocoran, maka cobalah membau cairan tersebut apakah seperti bau urin atau tidak membau, jika keluar cairan bening, banyak, dan tidak membau, maka segeralah ke dokter terdekat, sekiranya terjadi ketuban pecah dini (KPD).

PERKEMBANGAN JANIN HAMIL 23 MINGGU

Bayi anda saat ini memiliki berat sekitar 450 gram, dan memiliki panjang sekitar 28-36 cm. bayi akan terus berkembang dan bertambah beratnya. Hingga beberapa minggu kemudian. Lanugo atau rambut tipis yang menyelimuti tubuh bayi mulai menghitam, dan terlihat dengan USG. Bayi juga mulai terlihat seperti bayi baru lahir.

APA YANG HARUS DILAKUKAN HAMIL 23 MINGGU

Jika anda seorang wanita karier yang bekerja maka, segeralah berencana untuk mengambil cuti. Anda juga tidak boleh bekerja yang menguras fisik. Banyak wanita khawatir berapa lama dia harus melanjutkan kerja ketika sedang hamil. Beberapa wanita akan mulai berhenti bekerja kehamilan minggu ke-7 dan ke-6. Terbaik adalah bed rest. Rencanakan juga untuk :

  1. Setelah bayi lahir, maka anda akan langsung bekerja atau tinggal dirumah menjadi ibu rumah tangga.
  2. Jika anda ingin bekerja, siapa yang akan membantu merawat bayi anda.
  3. Apakah memerlukan penitipan perawatan bayi atau pengasuh bayi.
Baca Juga:  Hamil 5 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Agar kehamilan tetap baik, maka minumlah air putih yang cukup. Selain itu juga baik untuk mengkonsumsi jus sayur, jus buah, susu, dan teh herbal yang aman bagi kehamilan. Anda harus menghindari kopi, dan soda karena kandungan kafeinnya.

Makanan dan obat diuretik akan menurunkan jumlah cairan di tubuh dan menyebabkan anda dehidrasi. Jika anda minum air cukup, uring akan lebih bening dan tidak pekat. Urin yang pekat, menandakan anda kurang minum. Minum air cukup, dapat mencegah:

  1. Pusing kepala
  2. Kram rahim
  3. Infeksi saluran kemih
  4. Pembengkakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here