Hamil 16 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Quickening pada Hamil 16 minggu

0
547

Hamil 16 minggu berarti sekarang anda telah memasuki bulan ke-4 kehamilan anda dan tentunya sudah mulai terjadi perubahan fisik pada diri anda dan perkembangan janin anda. Empat minggu lagi, anda akan memasuki usia pertengahan kehamilan. Usia kehamilan berjumlah 40 minggu, sehingga saat ini anda hampir melewati setengah dari usia kehamilan anda.

Perubahan Ibu Hamil 16 minggu

Rahim ibu pada saat ini terus berkembang dan tumbuh sekitar 250 gram. Plasenta juga mulai tumbuh, dan tubuh anda memproduksi jumlah cairan amnion yang membantu melindungi tubuh selama kehamilan. Sampai saat ini tubuh anda memiliki 200 gram cairan amnion disekitar bayi.

Ketika anda hamil, volume darah anda akan bertambah sekitar 30-50%, yang berarti sirkulasi darah lebih pada tubuh anda. Peningkatan sirkulasi darah ini menyebabkan wajah menjadi lebih caerah. Tubuh juga memproduksi hormon yang menyeabbkan kelenjar minyak bekerja, dan membuat wajah anda lebih berminyak.

Kedua hal tersebut berasal dari kehamilan. Jika kulit menjadi lebih berminyak, anda dapat menggunakan pembersih minyak untuk membersihkan wajah anda. Selain itu, anda tetaplah tenang, tetap senyum, dan nikmati kilapan wajah anda.

Perkembangan Janin Hamil 16 minggu

Pada akhir minggu ke enam belas ini, ukuran janin sepanjang 13.5 cm dimana ukuran tersebut adalah CRL nya, sedangkan beratnya sebesar 70 gram. Janin anda mulai tumbuh dengan cepat pada beberapa minggu kedepan. Kepala bayi lebih tegak sekarang dibandingkan minggu sebelumnya. Mata dan telinga juga mulai berada pada posisinya, dan memberikan bayi tampakan yang teridentifikasi.

Beberapa sistem tubuh yang rumit mulai berfungsi, seperti sistem perkemihan, sistem sirkulasi dan sistem gerak tubuh. Denyut jantung dan darah yang dipompa sebesar 25 quart setiap harinya. Sampai akhir kehamilan, usia kehamilan 40 minggu, darah akan dipompa 1900 quart setiap harinya.

Baca Juga:  Hamil 7 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Apa yang harus dilakukan Hamil 16 minggu

Pada minggu ini anda harus menyiapkan untuk periksa prenatal dalam beberapa minggu kedepan. Selama visit ini, dokter akan merekomendasikan beberapa pemeriksaan seperti USG, AFP (Alfa Feto Protein), tes triple dan amniosentesis. Anda juga akan dijelaskan beberapa komplikasi kehamilan seperti kehamilan preterm, gejala sindrom ligamen teres, memilih dokter anak kedepan, memilih kelas persalinan, hingga memilih mau persalinan dimana.

a. Tips Ibu Hamil

Anda dapat mulai merasakan gerakan pertama bayi pada minggu kehamilan ke 16 hingga 20. Jika ini kehamilan pertama anda, gerakan dapat dirasakan biasanya pada minggu ke 20. Gerakan pertama ini sering dideskripsikan seperti perasakan adanya gelembung udarah, dan sensasi menendang-nendang. Gerakan ini disebut dengan QUICKENING.

Jumlah gerakan dan kapan terjadinya sangat bervariasi antar individu, sehingga waktunya tidak sama. Tidur miring menjadi hal penting pada waktu ini. Banyak dokter merekomendasikan anda harus tidak tidur dengan tengkurap atau telentang setelah mencapai 16 minggu. Ini mengapa menggunakan bantal halus untuk menopang tubuh sangat penting saat tidur.

b. Tips untuk Suami

Ibu akan mulai merasakan gerakan bayi pertama kali selama beberapa minggu kedepan. Ini dapat meningkatkan interaksi ibu dan anak, tetapi kadang suami merasa cuek akannya. Anda sebagai suami dapat mulai berbicara kepada janin anda setiap harinya. Jika anda bosan, anda dapat menyapanya setiap hari, membacakan alquran, dan kalimat dzikir yang baik untuk janin anda. Bangunlah interaksi dengan calon bayi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here