Tanda Hamil Kembar : Kenali dan Ketahui Gejalanya

Gejala dan Tanda Hamil Kembar

0
432

Tanda hamil kembar dapat diketahui dari berbagai hal, termasuk riwayat kehamilan kembar sebelumnya, USG, penambahan berat badan, pengukuran gestasional age, kadar hormon beta hCG dan hasil abnormal dari Alfa Fetoprotein. Banyak orangtua terutama ibu, tidak menyadari bahwa dia sedang hamil kembar. Untuk itu, kami akan ulaskan tanda dan gejala yang muncul saat hamil kembar.

TANDA HAMIL KEMBAR

Konfirmasi USG

USG menjadi alat terbaik untuk mengetahui adanya kehamilan kembar atau tidak. Dengan USG anda juga dapat mengetahui denyut jantung janin dimana ditemukan lokasi sumber denyut jantung lebih dari satu pada trimester pertama. kadang menjadi tanda abnormal, karena satu denyut jantung dapat terdeteksi di beberapa area perut ibu. Dengan USG ini dapat mengetahui jumlah janin dalam kandungan.

Peningkatan Kadar Hormon beta hCG

Ibu hamil yang mengalami hamil kembar memiliki peningkatan hormon beta hCG dimana hormon ini diproduksi ketika hamil. Meskipun peningkatan kadar hCG tidak secara otomatis mengindikasikan kehamilan ganda. Investigasi lebih lanjut harus diperlukan untuk verifikasi penyebab tingginya hormon tersebut termasuk penyebab patologis pada kehamilan anggur (Molahidatidosa).

Kadar Serum AlfaFeto Protein yang Abnormal

Skrining kadar alfafeto protein (AFP) juga diketahui sebagai serum skrining maternal atau marker tes ketiga yang dilakukan pada trimester kedua. Skrining ini juga digunakan untuk mendeteksi defek lahir dan mengukur kadar protein yang disekresi hepar janin. Positif dan tingginya tes ini mengindikasikan kehamilan ganda.

Pengukuran Besar Gestasional Age

Kebanyakan petugas kesehatan memonitor tinggu fundus uteri (jarak antara tepi atas simfisis pubis dan puncak uterus) selama kehamilan. Pengukuran ini dapat membantu mengindikasikan gestasional age. Wanita dengan hamil kembar sering terjadi peningkatan pelebaran rahim dan tinggi fundus lebih besar dibandingkan gestasional age nya. Ini mengindikasikan hamil kembar.

Baca Juga:  Nutrisi Pada Ibu Hamil

Penambahan Berat Badan

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan berat badan, meskipun dapat disebabkan pola makan yang buruk. Jumlah berat badan pada wanita tergantung dari tipe badan, tinggi dan berat sebelum kehamilan. Rata-rata ibu hamil dengan hamil kembar akan memiliki peningkatan berat bdaan 5 kilo dibandingkan ibu hamil tunggal.

Mual muntah kehamilan yang berlebih

Sekitar setengah dari semua kehamilan mengalami mual dan muntah selama kehamilan. Ketika beberapa ibu dengan hamil kembar, dilaporkan terjadi peningkatan derajat keparahan mual muntah. Mual muntah ini terjadi pada semua kehamilan. Hal ini tidak berarti bahwa ibu hamil kembar dan tripel memiliki intensitas mual dan muntah dua kali lipat atau tiga kali lipat. Melainkan tetap lebih berat.

Pergerakan Janin Dini

Meskipun masih kontroversial dengan teori yang ada, beberapa wanita dengan hamil kembar dilaporkan mengalami pergerakan janin lebih dini (lebih awal) dibandingkan waktu yang diperkirakan. Sangat penting bagi ibu untuk mencatat segala hal yang terjadi selama kehamilann termasuk gerak janin.

Lemah lesu ekstrim selama hamil

Lemah lesu dapat dipicu pekerjaan yang berat, tanggung jawab dan stress terutama sering dialami oleh ibu hamil kembar. Ini berkaitan dengan tubuh ibu yang memberikan nutrisi lebih dari satu janin sehingga asupan nutrisi dan kebutuhan nutrisi bagi dirinya sendiri cenderung kurang.

Riwayat Kehamilan Kembar

Hamil kembar dapat meningkat dengan riwayat keluarga ada yang kembar. Beberapa ibu juga mempunyai perasaan bahwa akan memiliki hamil kembar. Ingat bahwa banyak tanda ini dapat disebabkan penyebab lain, dan hanya dengan konfirmasi pemeriksaan USG, didapatkan hasil akurat apakah ibu sedang hamil tunggal atau hamil kembar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here