Hamil 17 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Perkembangan Janin 17 minggu

0
391

Hamil 17 minggu berarti sekarang anda telah memasuki usia kehamilan minggu ke-17 setelah hari pertama terakhir menstruasi, atau bila di konversi menjadi bulan anda telah memasuki bulan ke 4-5. Pada minggu ini perkembangan janin terus berlangsung dan perubahan pada perut ibu juga terus berubah. untuk lengkapnya, silahkan buka Panduan Ibu Hamil Lengkap.

Perubahan pada Tubuh Ibu Hamil 17 minggu

Perut ibu akan terus berkembang, dimana organ lain akan berpindah tempat untuk kompensasi pertumbuhan rahim dan janin. Tinggi uterus mulai terlihat lebih bulat dan memanjang.

Rahim anda akan mulai menekan usus ke atas dan keluar, maju ke sisi perut anda. Kebanyakan wanita akan lebih mudah merasakan rahimnya ketika sedang berdiri. Jika anda berbaring dan mencoba merasakan rahim, maka lebih sulit karena penekanan ke belakang ke tulang vertebra.

Perkembangan Janin Hamil 17 minggu

Janin pada minggu ini berukuran dengan panjang 14,5 cm dan memiliki berat sebesar 4 ons. Bagaimana yang terjadi pada janin? Tali pusar bayi tidak hanya memanjang tetapi juga menebal dan lebih kuat hingga minggu ke 23. Bayi anda mulai merasaakn pendengaran karena perkembangan telinga. Telinga mulai terbentuk sempurna dan berada di posisi akhirnya.

Sebagai tambahan, bayi anda mulai berkembang dan membentu jaringan lemak adiposa. Lapisan ini akan membantu menghangatkan bayi. Lemak juga sangat penting untuk membantu pengaturan suhu tubuh dan metabolisme tubuh janin.

Tips Ibu Hamil 17 minggu

Selama kehamilan, anda mungkin perlu memeriksa apakah anda mempunyai alergi atau tidak. Ini adalah bagian dari kehamilan normal, sehingga sebelum diberikan obat apapun harus berkonsultasi dengan dokter terdekat anda. Obat yang aman jika anda alergi dapat mengatasi tetapi tetap konsultasilah ke dokter anda.

  1. Tips untuk Ibu

Nyeri periodik pada kaki sering terjadi. Nyeri ini disebut dengan ischialgia atau nyeri syaraf sciatika. Syaraf sciatika atau nervus ischiadicus adalah syaraf terbesar di tubuh, berjalan dibawah rahim ke kaki anda dan memberikan fungsi sensoris dan motoris pada ekstremitas bawah. Nyeri sciatica dapat disebabkan perkembangan janin yang menekan syaraf tersebut.

  1. Tips untu Suami

Banyak pasangan sangat khawatir dengan pertambaiah anak. Perencanaan kecil dapat membuat parenting lebih mudah. Anda mungkin menginginkan sekolah awal untuk anak anda. Dan memikirkan biaya hingga 10 tahun ke depan. Sehingga merencanakan keuangan mulai sekarang sangat perlu. Demi masa depan anda, dan keluarga anda.

Baca Juga:  Hamil 9 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here