Puting Payudara Gatal : Penyebab hingga Cara Mengobati

Puting Payudara Gatal

0
865

Puting payudara gatal adalah terjadinya gejala rasa gatal dan tidak nyaman dia di area payudara baik karena iritasi, infeksi jamur, virus, infeksi bakteri hingga gejala berat seperti kanker payudara. Jika anda merasakan gatal ini dalam beberapa hari tidak mereda, atau gejala memburuk maka pemeriksaan harus dilakukan.

Anda harus ke dokter segera bila menemukan gejala, adanya darah, cairan kuning coklat, puting tertarik ke dalam, nyeri payudara, perubahan warna kulit, dan pembesaran jaringan payudara. Ada juga tanda mastitis (peradangan payudara).

Penyebab Puting Payudara Gatal

Dermatitis atopik adalah penyebab tersering dari gatal pada puting payudara. Dermatitis jenis ini disebut dengan ekzema yakni peradangan pada kulit. Penyebabnya tidak diketahui, tetapi gejalanya sangat gatal, muncul ruam dan kulit menjadi kering. Terdapat faktor yang memperberat gatal pada puting, diantaranya:

  • Terkena serat dan pembersih lantai
  • Terkena parfum
  • Terpapar serat whol dan sabun tertentu

Kulit kering juga dapat memicu gatal. Kehamilan meningkatkan kemungkinan terkena gatal pada puting payudara. Payudara biasanya membesar selama kehamilan. Peregangan kulit memicu gatal juga. Mastitis, infeksi jaringan payudara juga dapat memicu gatal. Kondisi iin sering mengenai ibu yang sedang menyusui. Payudara menjadi tersumbat sehingga menjadi media terbaik tumbuhnya bakteri. Adapun gejala lain seperti:

  • Payudara nyeri
  • Pembengkakan dan kemerahan
  • Nyeri dan terbakar ketika menyusui

Sangat jarang gatal pada payudara menjadi gejala yang serius. Penyakit paget, salah satu kanker payudara dengan gejala gatal. Gejala awal penyakit paget ini adalah dermatitis atopik. Gejala lain meliputi:

  • Puting mendatar dan kemerahan
  • Benjolan pada payudara
  • Keluar cairan dari payudara
  • Perubahan warna kulit pada puting dan payudara

Bila puting gatal dan hangat, bisa jadi tanda kanker payudara terutama kanker payudara inflamatori. Perubahan tekstur payudara dapat menjadi perhatian kita.

Baca Juga:  Batuk Kronis : Penyebab hingga Cara Mengobati

Gejala Puting Payudara Gatal

Rasa gatal pada puting akan membuat kulit tertarik. Rasa tidak nyaman dapat dari ringan hingga berat, dan mungkin dapat berlangsung lama. Peregangan dapat membuat kulit memerah, membengkak, retak, dan menebal. Regangan kulit dapat sementara hilang tetapi juga dapat terjadi kerusakan kulit.

Pengobatan Puting Payudara Gatal

Mastitis diobati dengan antibiotik. Pengobatan tuntas diperlukan untuk mencegah infeksi datang kembali. Salah satu tahapan untuk mengurangi gejala mastitis adalah : berisitarahat, banyak minum air putih dan mengkonsumsi obat antinyeri.

Penyakit paget dan kanker payudara harus dilakukan pengoabatan dengan: kemoterapi, radiasi, dan tindakan pembedahan pada payudara. Kemoterapi dan radiasi keduanya bekerja untuk membunuh sel kanker.

Selain pengobatan, membersihkan kulit menggunakan sabun ringan dan air hangat diperlukan. Krim kulit tidak boleh mengandung parfum dan pewarna. Pemberian antiradang steroid akan mengurangi gejala radang. Hindarilah menggunakan bahan pemicu alergi.

Untuk mencegah mastitis, anda harus melakukan:

  • Posisi payudara saat menyusui harus benar
  • Fokus menyusui satu payudara, bila habis baru berganti pada payudara satunya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here