Perbedaan epinefrin dan norepinefrin : Untuk Medis

0
2762

Perbedaan epinefrin dan norepinefrin adalah neurotransmiter yang termasuk kelas katekolamin, turunan thyrosin. Kedua senyawa kimia ini mengatur atensi, fokus mental, nafsu dan pengetahuan seseorang (kognisi).

Neurotransmitter ini memiliki potensi yang sama untuk semua reseptor A (Alfa) dan B (Beta). Efek ini pada semua jaringan sama, dengan struktur kimianya yang beda.

Perbedaan Epinefrin dan NorEpinefrin

  1. Epinefrin (Adrenalin)

Epinefrin disebut juga adrenalin, dikeluarkan glandula adrenal dan bertanggung jawab pada respon flight dan fight. Dia mengatur sinyal syaraf antara neuron dan sel syaraf dan meningkatkan kecepatan serta kekuatan kontraksi otot jantung.

Epinefrin biasanya dikeluarkan seseorang stress atau tereksitasi. Berbeda dengan norepinefrin, efek epinefrin tidak dapat diprediksi, dan memiliki diferensial sensitifitas reseptor. Afinitas reseptor sama pada A1, A2 dan B1 kecuali B2. Medula adrenal bertanggung jawab memproduksi epinefrin dan memediasi aksi epinefrin. Meskipun sekresi epinefrin secara tidak langsung dikendalikan sisem syaraf simpatis.

  1. Norepinefrin (Noradrenalin)

Norepinefrin adalah transmitter eksitatori yang berlokasi pada syaraf simpatik pada sistem syaraf pusat dan sistem syaraf tepi. Ini mirip dnegan epinefrin dan disekresi glandula adrenal selama stress dan kondisi arousal. Norepinefrin akan meningkatkan denyut jantung dengan memicu nodus SA. Ini juga berefek pada channel Calsium pada otot jantung yang menghasilkan DROMOTROPIK POSITIF dan IONOTROPIC POSITIF.

Norepinefrin digunakan sebagai obat treatment syok septik pada dewasa. Fungsi norepinefrin ada 2 jalur. Pertama, mempengaruhi koneksi batang otak dengan akson hipotalamus dan sistem limbik. Kedua, berefek pada batang otak ke korteks serebri dan hipokampus. Norepinefrin pada traktus spinal akan meregulasi kecemasan dan tensi (tekanan).

Perbedaan Epinefrin dan Norepinefrin

  • Epinefrin adalah grup metil yang melekat pada nitrogen, sedangkan norepinefrin mempunyai atom hidrogen pada grup metilnya.
  • Epinefrin diproduksi hanya oleh medula adrenal, sedangkan norepinefrin diproduksi serabut syaraf post ganglion.
  • Efek epinefrin hanya dimediasi medula adrenal, sedangkan norepinefrin dimediasi sistem syaraf simpatis.
  • Epinefrin bertanggung jawab mengendalikan fungsi semua jaringan, sedangkan norepinefrin meregulasi bagian otak.
  • Epinefrin afinitas reseptor A lebih rendah dibandingkan norepinefrin.
  • Efek epinefrin tidak terprediksi dan memiliki sensitifitas berbeda pada reseptor A dan B, sedangkan norepinefrin lebih terprediksi.
Baca Juga:  Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Minoksidil, Finasterid dan Eflornitin

Oleh: dr. Wiwid Santiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here