Entecavir : Penggunaan, Efek Samping dan Interaksi [Lengkap]

Efek saming, penggunaan dan Catatan Khusus obat Entecavir

0
2866

Entecavir adalah salah satu obat yang digunakan untuk mengobati infeksi hepatitis B jangka panjang. Helatitis B adalah infeksi yang terjadi di hepar, disebabkan virus hepatitis B. infeksi yang berkepanjangan, akan memicu kerusakan hati, menimbulkan kanker hati dan gagal hati.

Entecavir akan membantu menurunkan jumlah virus hepatitis B dalam tubuh penderita. Obat ini termasuk jenis antivirus, dan menghambat nukleosida reverse transcriptase virus hepatitis B. sediaan obat ini biasanya 0,5 mg.

Apa Efek Samping Entecavir?

Gejala seperti pusing, keletihan, nyeri kepala dan mual dapat terjadi. Apabila anda menemukan gejala tersebut, segera hubungi dokter dan ahli farmasi terdekat anda. Meskipun terdapat efek samping, pemberian obat ini tentu dengan menimbang manfaat yang lebih besar dibanding efek samping yang ditimbulkannya. Faktanya, efek samping tersebut jarang terjadi dan tidak terlalu serius.

Reaksi alergi terhadap obat ini relatif jarang. Apabila terdapat gejala alergi seperti muncul ruam, gatal, pembengkakan kulit terutama di wajah, lidah dan tenggorokan disertai masalah nafas (sesak nafas), and pusing yang berat, maka harus segera bawa ke dokter karena merupakan tanda reaksi alergi.

Prinsipnya, apabila anda menemukan gerala efek samping yang telah kami sebutkan diatas, maka segera bawa ke dokter untuk diperiksa dan diberikan tatalaksana sesuai gejala efek samping yang diderita.

Apa Catatan khusus seputar Entecavir?

Sebelum anda menggunakan obat entecavir, maka haruslah dengan resep dokter termasuk dievaluasi apakah ada riwayat alergi atau sedang menderita alergi tertentu sekarang. Obat ini mengandung bahan inaktif, yang dapat menimbulkan reaksi alergi dan masalah lain. Untuk lebih detilenya silahkan hubungi dokter.

Saat anda berkonsultasi, maka anda wajib memberikan informasi terkait infeksi HIV yang diderita, penyakit ginjal, dan penggunaan obat hepatitis B yang telah diterima terdahulu.

Baca Juga:  Dexamethason

Obat ini mungkin dapat menimbulkan pusing, sehingga jangan mengemudi, menggunakan mesin, dan lainnya ketika setelah meminum obat ini agar aktivitas anda tetap aman. Anda juga dianjurkan menjauhi alcohol, karena dapat memperparah fungsi hepar dan menimbulkan pusing.

Bagaimana Interasksi Obat ini?

Interaksi dari obat ini akan merubahkerja obat, dan meningkatkan risiko efek samping yang ditimbulkan. Tetap mematuhi resep dokter dan menggunakan sesuai aturan. Jangan memulai, jangan menghentikan, jangan mengganti dosis tanpa seijin dokter.

Bagaimana apabila ovedosis teradap Entecavir?

Jika seseorang mengalami overdosis terhadap obat ini dan mempunyai gejala serius yang diderita, maka segera panggil ambulan dan segera ke instalasi gawat daruat. Terdapat beberapa hal yang dapat menurunkan risiko overdosis seperti:

  1. Jangan membagi obat anda dengan penderita lain, karena sakit nya belum tentu sama.
  2. Pemeriksaan laboratorium hati seperti level virus, dan tes fungsi hati, diperlukan untuk menilai efek pengobatan ini dan melihat apakah ada reaksi terhadap heparnya.

Jika anda salah dosis, atau lupa meminum obat, maka tetaplah meminum obat reguler seperti biasanya. Jangan minum dua kali lipat dengan harapan “membayar hutang” karena sebelumnya lupa minum obat. Tetaplah minum sekali, dan sesuai jadwal yang ditentukan sesuai resep dan anjuran dokter.

Ringkasan Artikel
Entecavir : Penggunaan, Efek Samping dan Interaksi [Lengkap]
Judul Artikel
Entecavir : Penggunaan, Efek Samping dan Interaksi [Lengkap]
Deskripsi
Entecavir adalah salah satu obat yang digunakan untuk mengobati infeksi hepatitis B jangka panjang. Helatitis B adalah infeksi yang terjadi di hepar, disebabkan virus hepatitis B. Entecavir akan membantu menurunkan jumlah virus hepatitis B dalam tubuh penderita.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here