Neurobion Forte obat apa : Dosis dan Kegunaan

0
51

Neurobion forte obat apa adalah suplemen yang terkandung vitamin, campuran berbagai vitamin B dalam sediaan tablet oral dan beberapa negara tersedia juga dalam injeksi. Suplemen ini dapat mencegah defisiensi vitamin B yang mana tidak didapatkan atau tidak cukup didapatkan dari diet. Mengkonsumsi vitamin B dapat meningkatkan memori, energi, metabolisme, fungsi imun, dan manfaat kesehatan lainnya.

Kandungan obat ini terdiri dari 6 vitamin B, yaitu : vitamin B1 (thiamin) 10 mg, vitamin B2 (riboflavin) 10 mg, vitamin B3 (nicotinamid) 45 mg, vitamin B5 (calcium pantothenat) 50 mg, vitamin B6 (pyridoksin) 3 mg, dan vitamin B12 (cobalamin) 15 mcg.

Vitamin B termasuk vitamin yang larut air dan secara umum terkandung terdapat di berbagai makanan. Larut air berarti lebih mudah diabsorbsi dan diekskresikan melalui urin. Suplemen vitamin B sering disebut juga dengan vitamin B kompleks.

KEGUNAAN NEUROBION FORTE

Obat ini digunakan untuk menangani kekurangan vitamin B, yang secara fisiologis bergunsgi untuk :

  1. Meningkatkan kesehatan sistem syaraf
  2. Menguatkan sistem imun
  3. Meningkatkan metabolisme
  4. Menjaga kesehata kulit dan rambut
  5. Menyehatkan hepar

Sebagaimana seperti vitamin lainnya, vitamin ini berperan sebagai organ vtal pada berbagai fungsi tubuh seperti metabolisme nutrisi, fungsi sistem syaraf, fungsi kulit, dan produksi sel darah merah. Kekurangan vitamin B ini akan menyebabkan masalah kesehatan, seperti : anemia, lemah lesu, penurunan berat badan, kerusakan syaraf, depresi, pusing, demensia, penyakit jantung, imunitas yang buruk, gangguan ginjal, rambut rontok, dan masalah di hepar.

DOSIS DAN PENGGUNAAN NEUROBION FORTE

Orang dengan risiko kekurangna vitamin B, dianjurkan mengkonsumsi vitamin ini. Kelompok yang berisiko tersebut, diantaranya:

  1. Ibu hamil
  2. Lansia dengan usia lebih dari 50 tahun
  3. Memiliki penyakit kronis
  4. Seorang vegetarian
  5. Mengkonsumsi obat-obatan seperti metformin dan penurun asam
Baca Juga:  Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Minoksidil, Finasterid dan Eflornitin

Obat neurobion forte ini akan memberikan 15 mcg vitamin B12, dan pada orang defisiensi vitamin B12, membutuhkan dosis vitamin B12 500 mcg atau lebih. Pemberian dosis tergantung dari penyakit yang diderita penyakit sesuai patofisiologi penyakit tersebut.

KEAMANAN DAN EFEK SAMPING NEUROBION FORTE

Vitamin ini relatif aman dan biasanya tidak menimbulkan efek samping yang signifikan. Tetapi jika anda mengkonsumsi vitamin ini dengan dosis tinggi, maka mungkin efek samping dapat muncul, seperti diare, kerusakan syaraf, dan sering buang air kecil.

Referensi:

Kennedy. 2016. Vitamins B and the Brain
Miller. 2018. PPI, H2-receptor blocker, metformin and Vitamin B12 deficiency
Eussen. 2005. Oral Cyanocobalamin supplementation.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here