Komponen Darah Tranfusi

0
3410

Komponen darah transfusi atau produk darah transfusi ada beberapa yang perlu di ketahui. Pada prinsipnya pasien yang membutuhkan atau kekurangan komponen darah tertentu, maka haruslah diberikan komponen yang tepat.

Golongan darah sering di gunakan sistem ABO dalam klinis. Pada kasus bayi atau anak-anak dengan kadar Hemoglobin normal, kehilangan darah kurang dari 15% cukup diberikan kristaloid atau koloid. Sedangkan di atas 15% baru membutuhkan transfusi darah.

Pada orang dewasa, kadar Hemoglobin normal batas transmisinya 20% kehilangan darah. Apabila digunakan cairan kristaloid maka volume yang di butuhkan adalah 3 kali lipat dari volume kehilangan darah.



Penyimpanan Darah

Penyimpanan produk darah dalam kantung plastik khusus yang mengandung koagulan seperti sitrat, dextrosa dan fosfat. Darah disimpan dalam suhu 4-6 oC. Lama penyimpanan tergantung jenis pengawet.


Komponen darah

1. Whole blood

Whole blood adalah komponen Eritrosit, leukozjf, trombosit dan plasma. Satu kantung whole blood mengandung 250ml darah dan 37 ml antikoagulan. Whole blood sering digunakan pada kasus perdarahan apabila pasien butuh sel darah dan plasma.

Kontra indikasi diberikannya whole blood adalah pasien dengan anemia kronis normovolumik atau pada pasien yang sebenarnya hanya butuh komponen sel saja dan tidak membutuhkan plasma. Satu unit whole blood akan meningkatkan Hb sebanyak 1gram/dL atau Hematokrit sebanyak 3-4 %

2.Package Red Cell (PRC)

PRC mengandung Eritrosit, trombosit, leukosit dan sedikit plasma dengan nilai Hematokrit sebesar 60-70%. Setiap satu kantong PRC memiliki volume 150-300 ml dan terdiri dari Eritrosit sebanyak 100-200ml. PRC di gunakan apabila pasien hanya membutuhkan komponen sel darah saja.

Ada pula namanya washed PRC, yaitu PRC yang khusus dan telah dicuci dengan Hematokrit lebih tinggi yakni 70-80% dengan volume 180ml.

3. Trombosit konsentrat

Trombosit konsentrat mengandung trombosit dengan sedikit Eritrosit, leukosit dan plasma. Setiap satu kantong trombosit konsentrat memiliki volume 50 ml. Trombosit ini digunakan pada pasien dengan Trombositopenia atau pasien dengan perdarahan. Dapat pula digunakan untuk profilaksis untuk pasien dengan trombosit 5000-10.000/uL.

Baca Juga:  Prosedur Bedah Paratiroidektomi

4. Fresh Frozen’ Plasma (FFP)

FFP mengandung semua produk plasma dan faktor pembekuan. Faktor pembekuan terdiri dari faktor I sampai faktor XIII dalam Kaskade pembekuan darah. FFP diindikasikan pada pasien dengan defisiensi/kekurangan faktor pembekuan , koreksi koagulopati dan terapi pengobatan warfarin. Setiap satu FFP akan menaikkan faktor pembekuan sebanyak 2-3% untuk dewasa dan dosisnya 10-15ml/kg. Uji kompatibilitas ABO disarankan sebelum pemberian FFP.

5. Granulosit

Granulosit diperoleh melalui leukofaresis dan diindikasikan pada pasien neutropenia dengan infeksi bakteri yang tidak responsif terhadap antibiotik. Transfusi ini memiliki masa hidup yang pendek di sirkulasi darah resipien (penerima).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here