KB Susuk atau Implan : Keuntungan hingga Efek Samping

0
1745

KB susuk adalah alat kontrasepsi implan berupa dua batang kecil, berbentuk stik yang dimasukkan ke dalam kulit di sisi dalam lengan atas. KB jenis ini akan mengeluarkan hormon yang disebut dengan progesteron. Implan bekerja dalam 3-5 tahun, tergantung jenis implan yang dipunyai. Anda dapat memilih jenisnya sesuai yang anda inginkan.

KB jenis ini memiliki efektifitas 99%, bekerja 3-5 tahun, tidak takut kalau lupa memakainya, tidak mempengaruhi perdarahan, tidak perlu minum pil, dan dapat memilih jenis implan dengan sendiri. Itu artinya, dari seribu orang pemakai implan, hanya beberapa saja yang kebobolan hamil. Ada dua jenis merk yang sering digunakan, yaitu implanon dan nexplaon. Keduanya ini akan melindungi terhadap kehamilan sekitar 3 tahun.

Cara kerja KB susuk atau Implan

Implan dapat menghentikan tubuh melepaskan sel telur setiap bulannya. Implan juga dapat menebalkan mukus pada cervic sehingga sel sperma tidak dapat mencapai sel telur. Implan lebih dari 99% efektif menceah kehamilan.

Implan dipasang dibawah kulit. Ibu dapat segera hamil apabila implan diambil. Tidak ada risiko tambahan yang berefek pada bayi anda. Jangan gunakan implan jika anda memiliki kanker payudara atau anda sedang hamil.

Keutungan KB susuk

  1. Alat kontrasepsi dapat berlangsung jangka panjang dari 3-5 tahun
  2. Bersifat refersibel, dimana dapat diambil kapan saja sehingga setelahnya anda dapat hamil lagi.
  3. Keefektifannya 99%, dan bekerja dengan baik
  4. Anda tidak akan berfikir memasang alat kontrasepsi setiap hari sehingga mencegah kelalaian.
  5. Penelitian menunjukkan implan tidak menyebabkan adanya perubahan berat badan, mood, nafsu seksual dan kepala pusing.
  6. Tidak perlu ribet dan mempersiakan KB sebelum berhubungan seksual.
  7. Dapat menyusui meskipun menggunakan implan.
Baca Juga:  Sindrom HELLP : Gejala, Kriteria, dan Tatalaksana

Kerugian KB Susuk

  1. Anda mungkin mengalami periode tidak teratur atau periode memanjang, paling sering 6 bulan pertama. jika perdarahan menjadi masalah, anda dapat meminum pil.
  2. Anda akan mengalami luka dan kemerahan serta memar pada lengan setelah implan dipasang atau dicabut, serta ada risiko infeksi kecil.
  3. Pengambilan kadang susah, sehingga irisan yang dilakukan lebih lebar dan dalam.
  4. Ada efek samping yang kadang terjadi, namun tidak selalu, yaitu: payudara mengeras, mual muntah, peningkatan berat badan, nyeri pada area incisi, pusing, ada skar dan perubahan warna kulit pada area implan.
  5. Kadang menimbulkan efek samping serius, seperti : adanya benjolan pada payudara, meningkatkan kemerahan, nanah, perdarahan pada area implan, dan mata menjadi kekuningan.

Oleh: dr. Wiwid Santiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here