Hamil 20 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Janin 20 minggu

0
523

Hamil 20 minggu berarti usia kehamilan anda sudah memasuki setengah atau telah berusia 5 bulan, dan pada puncak rahim sekarang sejajar dengan pusar ibu (umbilikus). Berat badan dapat meningkat kurang lebih 1 kilogram. Peningkatan berat badan diekspektasikan seperempat hingga setengah kilogram setiap minggunya.

Berat tersebut tergantung dari berat sebelum hamil. Penimbangan teratur diperlukan untuk mengetahui peningkatan berat dan jika diperlukan, pengaturan diet, serta intensitas aktifitas sehari-hari yang dilakukan.

JANIN HAMIL 20 MINGGU

Janin pada minggu ini, memiliki panjang sekitar 20 cm dan memiliki berat janin sekitar 250 gram. Janin pada minggu ini tertutup jaringan kulit yang disebut dengan vernix caseosa. Substansi ini akan membantu melindungi kulit bayi teriritasi ketika berada di cairan amnion. Selain juga memudahkan janin lahir.

Janin mulai memproduksi mekonium, berupa feses hitam, hijau. Beberapa janin mengeluarkan mekonium ketika sudah lahir. Mekonium terdiri dari sel yang rusak, cairan amnion yang tertelan, dan sekresi sistem saluran cerna.

TIPS HAMIL 20 MINGGU

Mulai minggu ini, mulai berfikirlah untuk bagaimana melahirkan janin. Ini akan menjadi fase perubahan hidup, dan mudah diingat serta fase menyenangkan dalam hidup. Harapan dan doa anda untuk kelahiran bayi agar lancar. Cobalah mencatat kebutuhan persalinan, seperti dimana tempat lahir, ditolong siapa, barang-barang yang diperlukan dan lainnya. Berkomunikasilah dengan dokter tentang perencanaan tersebut.

Tips untuk Ibu

Ingatlah sangat penting mencukupi nutrisi pada diet anda terutama zat besi. Peningkatan zat besi diperlukan untuk membantu produksi hemoglobin janin dan mencegah anemia, berat janin rendah, dan persalinan prematur. Ketika sedang hamil, anda membutuhkan intake sehari-hari 27-30 mg zat besi. Zat besi juga penting untuk volume darah untuk kompensasi ke janin. Sumber terbaik zat besi adalah : daging merah, kacang, bayam, buah kering, gandum, oat meal, dan gandum fortifikasi besi.

Baca Juga:  Hamil 14 Minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Tips untuk Suami

Untuk suami, dapat bersiap untuk mendekorasi dan menyiapkan ruang bayi. Meskipun anda belum tahu jenis kelaminnya, anda dapat memulainya sekarang. Berikut contoh yang dapat anda lakukan, diantaranya:

  • Mengecat ruangan dengan cat indah, dan tidak berbau
  • Membeli barang-barang kebutuhan bayi
  • Membersihkan barang yang tidak disukai ibu serta sampah
  • Membuat kondisi nyaman bagi ibu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here