Hamil 21 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Panduan Kehamilan Lengkap

0
40

Hamil 21 minggu merupakan minggu pertama setelah menginjak pertengahan kehamilan, dimana pada kehamilan ini perkembangan janin semakin terasa dan gerakan janin semakin dirasakan ibu. Pada minggu ini terdapat perubahan yang terjadi pada tubuh ibu tentunya. Jika anda menempatkan jari anda setengah inchi di atas pusar anda, maka anda akan merasakan rahim.

Pada kaki terkadang dirasakan membesar dan membengkak terutama pada siang hari. Pada kondisi ini, cobalah untuk duduk dan istirahat dengan tinggikan kaki, karena dengan berjalan dan berdiri akan membuat semakin bengkak akibat aliran darah vena yang lambat dan lebih cepat hilang apabila istirahat dan ditinggikan.

Terkadang ibu juga mulai mengeluarkan minyak di wajah, maka dari itu bersihkanlah wajah anda dengan sabun dan air mengalir dua kali sehari. Banyak ibu menikmati masa-masa ini meskipun terkadang merasa tidak nyaman. Cobalah untuk relaksasi dan menikmati masa kehamilan anda.

PERKEMBANGAN JANIN HAMIL 21 MINGGU

Pada fase sebelumnya, panjang bayi anda diukur dari crown kepala hinga bawah atau sering disebut dengan CRL (Crown Rump Lenght), sedangkan pada fase ini dapat diukur dari crown to heel (CHL). Bayi akan tumbuh lebih dari 8,5 inchi (21 cm) panjangnya dan beratnya sekitar 12 ons (0,34 kg).

Pada minggu ini, alis bayi telah selesai terbentuk dan dia akan menggerakkannya serta mulai menelan cairan amnion. Anda juga akan merasakan gerakan bayi. Selama menelan cairan amnion, saluran cerna cenderung matur dan bayi juga menerima kalori yang berasal dari cairan amnion. Jika janin berjenis kelamin perempuan, maka vaginass telah secara penuh terbentuk tetapi tetap akan berkembang terus hingga lahir.

APA YANG DILAKUKAN HAMIL 21 MINGGU

Ketika terjadi penambahan berat badan kehamilan, maka perkembangan vena varicosa mulai berkembang dan terjadi pada kebanyakan wanita hamil. Pembesaran ini sering ditemukan di kaki, rektum dan vulva.

Baca Juga:  Hamil 19 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Penekanan dari perkembangan uterus dan perubahan aliran darah dapat memperburuk varises vena. Beberapa wanita terlihat bercak biru dan tidak nyeri di kakinya, meskipun pada kejadian lain dapat nyeri. Varises ini normalnya hilang setelah kehamilan, dan seringnya tidak secara sempurnya hilangnya.

PANDUAN HAMIL 21 MINGGU

Infeksi saluran kemih (ISK) sering berupa infeksi bakterial di saluran kemih. Pada kehamilan infeksi ini sering muncul. Perkembangan uterus dapat meningkatkan sumbatan drainase urin dari kandung kemih sehingga memperbesar risiko infeksi. Jika infeksi tidak diobati, maka dapat memicu infeksi ginjal. Anda dapat menurunkan perkebangan infeksi ISK ini dengan cara:

  1. Minum 6-8 gelas sehari
  2. Setelah berkemih, cucilah dari depan ke belakang
  3. Hindari memakai pakaian ketat
  4. Berkemih sebelum dan sesudah berhubungan
  5. Memakai celana dalam berberbahan katun adn lembut

Menghindari infeksi ini sangat penting pada hemilan usia ini. Mengingat kebersihan area miss v yang harus diperhatikan. Infeksi dapat ascending (ke atas) dan mengganggu kehamilan anda. Dengan menerapkan hidup bersih, maka anda dapat menghindari infeksi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here