Apakah Makanan Higenis itu?

0
1123

Makanan higenis dan bersih sangat diperlukan tubuh. Sahabat sehat sekalian. Sering kali dalam masyarakat kita terbesit fikiran dan adanya promosi untuk hidup sehat. Salah satu cara hidup sehat adalah dengan memilih makanan yang heginis.

Namun kadang dalam benak kita pasti masih dibingungkan dengan beberapa terminology yang pada dasarnya sama yang dianggap berbeda maupun terminology yang sama namun dianggap berbeda. Salah satu yang kami maksud disini adalah seringnya masyarakat bingung definisi bersih dan heginis. Padahal ini penting agar kita mengetahui dan dapat memilih makanan ataupun sesuatu yang bersih dan heginis.

Sahabat sehat sekalian, sesuatu dikatakan bersih bila secara dipandang mata terlihat tidak terkontaminasi meskipun apabila diperiksa secara mendetile dengan mirkoscop dan biologi molecular tentu masih sangat banyak didapatkan bakteri pathogen. Akibatnya, makanan yang bersih itu belum tentu menyehatkan karena didalamnya belum tentu bebas dari pathogen perusak dan penyebab penyakit.


Selanjutnya, heginis kami definisikan sebagai sesuatu yang dimana kondisi barang tersebut terbebas dari beberapa pathogen secara kasat mata, baik meliputi bersih dan tidak merubah bau, warna maupun rasanya. Secara tingkatan, ini merupakan tingkatan lebih atas bila dibanding dengan bersih. Segala yang heginis pastilah bersih, namun segala yang bersih belum tentu heginis.

Ada istilah terakhir, yaitu steril. Kalau kita bicara tentang steril berarti segala sesuatu terbebas kontaminan baik secara kasat mata maupun secara biologimolekular. Sesuatu yang steril didalamnya tidak didapatkan sedikitpun kontaminan. Bagaimana ini bisa terjadi?ternyata dalam memperoleh sterilitas itu sangatlah sulit. Barang yang dianggap steril haruslah mengalami beberapa proses. Proses yang kami maksud adalah proses sterilisasi yang meliputi : pembersihan, pencucian berulang, penyinaran dengan sinar gama, dan pembungkusan yang terintegrasi bebas kontaminan. Sehinga mudahnya, steril itu levelnya lebih atas bila dibanding bersih dan heginis. Sehingga sesuatu yang steril itu pastilah heginis.


Sahabat sehat sekalian, ternyata Ada beberapa cara untuk memilih makanan yang tidak sekedar bersih, namun makanan tersebut heginis. Cara yang dapat dilakukan di antaranya :

  1. Memilih makanan yang kandungan airnya masih bagus, ditandai dengan makanan yang masih segar, kenyal namun kekenyalannya bukan karena pengawet.
  2. Memilih makanan dengan warna yang alami. Artinya warnanya tidak berubah dari aslinya. Misal mau membeli pisang, maka hendaknya pilihlah pisang yang warnanya masih kuning, bukan yang sudah menghitam. Karena dengan menghitam, diindikasikan makanan tersebut (pisang) sudah mengalami pembusukan dan rawan di hinggapi agen kontaminan.
  3. Memilih makanan yang tidak di hinggapi lalat. Hal ini penting diketahui, karena dalam lalat terutama air liurnya terdapat berbagai macam agen kontaminan. Berbagai bakteri penyebab sakit, khususnya penyebab diare ada disana, sehingga kalau kita pilih demikian maka kita sama saja memasukkan racun kedalam tubuh kita.
  4. Memilih makanan dengan bau dan rasa yang tidak berubah. Disini juga penting. Adanya perubahan rasa dan bau mengindikasikan makanan tersebut sudah terkontaminasi. Kita ambil contoh air. Air putih yang baik hendaknya bening tidak berubah warna, bau dan rasa. Tetapi apabila kita mendapati air nya warnanya sudah berubah, kemudian sudah tercium bau sesuatu yang tidak mengenakkan atau kita sebut mulai ada bau busuk, bahkan rasanya sudah tidak seperti air putih biasanya, maka jika kita mendapati yang demikian hendaklah kita jauhi dan jangan sampai air itu kita konsumsi.
  5. Memilih makanan yang baru saja dipanen. Hal ini juga penting. Meliputi makanan dari tumbuhan maupun hewani. Makanan yang baru dipetik dari pohon atau baru dipanen akan mempunyai sisi gizi yang baik dan tentunya memiliki tingkat kesegaran yang tinggi. Sedangkan kalau berasal dari hewani, ialah makanan yang diambil sehabis disembelih langsung tentunya saat menyembelih haruslah  dengan menyebut asma Allah. Dengan demikian, daging yang kita konsumsi atau makanan hewani yang kita konsumsi menjadi segar dan menghindarkan kita dari beberapa penyakit.
Baca Juga:  Myastenia Gravis : Gejala, Pemeriksaan hingga Pengobatan

Demikian ulasan yang dapat kami berikan. Semoga kami dan sahabat pembaca sekalian dapat pembaca sehat sekalian dapat memilih makanan dengan baik, dapat mengutamakan sisi heginisitas sehingga dapat menghindarkan kita dari segala bentuk penyakit. Mari kita terapkan mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here