Vasa Previa

0
2733

DEFINISI

Vasa previa adalah adanya pembuluh darah fetus menyilang (Transverse) pada fetal membran ke internal cervical os.


ETIOLOGI

Pembuluh darah ini dapat dari insersivelamentosa dari umbilical cord, atau gabungan dari lobus plasenta assesoria (succenturiate) ke disk plasenta utama. Apabila pembuluh darah ini ruptur, maka perdarahan dapat terjadi dari sirkulasi fetoplasental, dan fetal exsanguination akan secara cepat terjadi, yang kemudian menimbulkan kematian fetal.


FAKTOR RISIKO

Faktor risiko adalah adanya insersi velamentosa dari umbilical cord, accessory placental lobes dan multiple gestation.


MANIFESTASI KLINIS

Manifestasi klinis yang ditimbulkan adalah terdapat trias klasik ruptur membran dan painless vaginal bleeding (perdarahan vagina tanpa nyeri) diikuti dengan fetus bradycardia (fetus denyut jantung janinnya menurun).


DIAGNOSIS

Penegakkan diagnosis dari vasa previa adalah dikonfirmasi setelah melahirkan dilakukan pemeriksaan pada plasenta dan membran fetal. Sangat jarang sekali dideteksi sebelum melahirkan. Tetapi dapat diperkirakan vasa previa ini dengan pemeriksaan sonogram antenatal dengan color-flow doppler, ditemukan pembuluh darah menyilang (crossing) di membran ke internal cervical os.


TATALAKSANA

Tatalaksana yang harus dilakukan adalah lakukan segera SC emergensi (Immediate cesarean Delivery), fetus dapat meninggal dari kondisi hipovolumia. Oleh sebab itu harus segera di tolong.


REFERENSI

Eimar, PS. Et Al. 2005. Kaplan Medicine USMLE Step 2 CK, Lecture Note Obstetrics and Gynecology. 2005-2006 edition. Kaplan Inc.

Baca Juga:  Nefrolithiasis – Gejala, Penyebab dan Tatalaksana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here