Jenis DNA : DNA nuclear dan DNA Mitochondria

DNA nuklear dan DNA mitochondria

0
72
jenis DNA

Jenis DNA meliputi DNA nuclear dan DNA mitochondria, yaitu material genetik pada manusia dan berbagai macam organisme dengan singkatannya adalah deoxyribonucleic acid. Setiap orang memiliki materi genetik yang berbeda. Kebanyakan DNA berlokasi di nukleus (dimana disebut dengan DNA nuclear), tetapi sebagian kecil DNA juga dapat ditemukan pada mitochondria (yang disebut dengan DNA mitochondria atau mtDNA.

Informasi pada DNA disimpan dalam bentuk kode dalam 4 basa kimia, yaitu : adenin (A), guanin (G), Cytosin (C) dan Thymin (T). DNA manusia terdiri sekitar 3 juta basa, dan lebih dari 99% basa ini sama pada semua orang. Urutan atau sequence basa ini memberikan informasi kemampuan untuk membentuk organisme, sesuai yang telah ditulis alfabet sepertihalnya rangkaian kata dan kalimat.

Jenis DNA : DNA Nuclear

Base DNA saling berpasangan satu dengan yang lain, T dengan A, dan C dengan G untuk membentuk satuan yang disebut dengan base pair. Masing-masing base juga menempel molekul gula dan molekul fosfat. Bersama basa, gula dan fosfat menjadi Nucleotida.

Nucleotida adalah susunan ada 2 rantai panjang yang membentuk spiral yang disebut dengan double heliks. Struktur double heliks ini seperti tangga, yang dibentuk dari base pair, gula dan fosfat dan tersusun vertikal. DNA dapat bereplikasi dan membuat kopian dari dirinya sendiri. Masing-masing strand DNA pada double heliks dapat membentuk sequencing duplikat base. Ini terjadi ketika sel terdiferensiasi karena masing-masing sel baru membutunkan copy dari adanya DNA dari sel sebelumnya.

Jenis DNA : DNA Mitochondria

Sebagian besar DNA terdapat pada kromosom dalam nukleus, dan sebagian kecil DNA terdapat pada mitochondria. Material genetik ini disebut dengan mitochondrial DNA atau mtDNA. Mitochondria adalah struktur sel yang mengubah energi makanan yang dapat digunakan sel. Masing-masing sel terdiri dari ratusan hingga ribuan mitochondria yang berlokasi pada cairan di sekitar nukleus (sitoplasma).

Baca Juga:  Perbedaan Kromosom dan Gen (Struktur Sel)

Mitochondria memproduksi energi melalui proses yang disebut dengan phosphorylasi oksidatif. Proses ini menggunakan oksigen dan gula sederhana untuk membuat ATP (Adenosin Triphosfat), sumber utama energi sel. Kompleks enzim bekerja dalam proses ini.

Dalam produksi energi, mitokondria berperan penting dalam beberapa aktifitas seluler. Contohnya, mitochondria membantu mengatur apoptosis sel. Mereka juga dibutuhkan untuk produksi substansi seperti cholesterol dan heme (komponen hemoglobin, molekul yang mengikat oksigen dalam darah).

DNA Mitochondria terdiri dari 37 gen, dan semuanya mempunyai fungsi esensial. 13 gen ini mempunyai fungsi untuk membuat enzim dalam perannya phosporilasi oksidatif. Gen sisanya mempunyai fungsi untuk membentuk molekul yang disebut denga RNA transfer (tRNAs) dan RNA ribosom (rRNAs), yang merupakan struktur selain DNA. Tipe RNA ini membantu pembentukan protein (asam amino) dalam pembentukan polipeptida.

Oleh. dr. Wiwid Santiko

Ringkasan Artikel
Jenis DNA : DNA nuclear dan DNA Mitochondria
Judul Artikel
Jenis DNA : DNA nuclear dan DNA Mitochondria
Deskripsi
Jenis DNA meliputi DNA nuclear dan DNA mitochondria, yaitu material genetik pada manusia dan berbagai macam organisme dengan singkatannya adalah deoxyribonucleic acid.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here