Hamil 11 minggu : Panduan Ibu Hamil lengkap

0
762

Hamil 11 minggu adalah usia kehamilan ibu telah memasuki minggu ke-11 dari hari pertama kali menstruasi terakhir, dan artinya telah memasuki bulan ke-2 hingga 3. Untuk mengetahui perkembangan janin minggu-minggu sebelumnya, silahkan baca panduan ibu hamil lengkap.

Perubahan pada ibu hamil 11 minggu

Ketika janin berkembang cepat di dalam rahim, perubahan fisik mungkin masih belum terlihat. Beberapa ibu mengalami perubahan pada wambut, kuku jari dan kuku kaki seperti peningkatan pertumbuhan kuku dan rambut.

Ini adalah kehamilan normal, dan dikarenakan perubahan hormonal yang terjadi sehingga merupakan hal yang wajar. Untuk ukuran perut masih belum terlalu terlihat membesar. Mual dan muntah masih sering dirasakan.

Perkembangan Janin Hamil 11 minggu

Panjang kepala janin setidaknya setelah dari panjang tubuh. Kedua jari dan tumit terpisah satu sama lain pada minggu ke-11. Kulit bayi masih terlihat transparan, dan tulang bayi mulai mengeras.

Alat genital eksternal mulai terbentuk dan beberapa minggu setelahnya dapat terlihat menggunakan USG apakah janin nya laki-laki atau perempuan. Meskipun pergerakan bayi pada minggu ini masih belum dapat dirasakan, tetapi pada dasarnya bayi didalam rahim sangat aktif.

Ukuran janin pada minggu ini sepanjang 6,5 cm berdasarkan CRL (Crown Rump Lenght) dan beratnya sebesar 14 gram. Bila diibaratkan, panjangnya sekitar sebesar buah apel kecil dan beratnya masih sangat kecil memanjang.

Apa yang harus dilakukan pada hamil 11 minggu

Jika anda masih mengalami mual dan muntah pada minggu ini, berat badan anda dapat turun diikuti dengan peningkatan berat badan. Namun anda jangan khawatir, kebanyakan wanita hanya meningkat sekitar 1,2-1,8 kg selama trimester pertama ini. Berdasarkan ACOG, merekomendasikan peningkatan berat badan selama hamil setidaknya 11-16 Kg.

  1. Tips untuk Ibu

Kebanyakan wanita hamil memiliki pertanyaan dan bertanya-tanya terkait kehamilannya. Jika tidak terdapat komplikasi selama kehamilan, maka berfikirlah jernih bahwa kehamilan anda aman sehingga dapat berwisata ke tempat-tempat yang indah sesuai keinginan anda.

Baca Juga:  Hamil 6 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Waktu ideal untuk berwisata dan jalan-jalan sebaiknya trimester kedua. Ini karena, kebanyakan pada trimester pertama sering terjadi mual dan muntah. Tentu akan sangat mengganggu jika anda sedang jalan-jalan pada minggu-minggu ini.

  1. Tips untuk suami

Untuk suami, silahkan baca buku panduan kehamilan bersama dengan ibu. Ini akan membangun partnersip selama kehamilan. Diskusikan berbagai rasa penasaran, agar ketakutan yang mungkin muncul seperti saat persalinan akan hilang. Bersenang-senang lah berdua, hiburlah istri anda dan motivasi terus agar kehamilannya senantiasa sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here