THT

amalia asked 2 tahun ago

siang dok, saya ingin bertanya.
kenapa sudah 1 minggu ini, sya merasakan indera perasa saya, di lidah. terasa aneh saat makan dan minum. rasanya seperti semua di dalam mulut terasa agak kasar dan di langit2 lidah juga.

1 Answers
dr. Wiwid Santiko Staff answered 2 tahun ago

Selamat siang sdr. Amalia,
Lidah merupakan salah satu sistem indra yang berfungsi sebagai perasa. Lidah dapat mendeteksi rasa manis, asin, asam dan pahit. Penghantarannya dimulai bila makanan menstimulasi papila dilidah dan reseptor sensoris disana. Kemudian impuls dihantarkan ke otak untuk diintepretasikan rasa makanan yang dimakan. Kadang setelah mengkonsumsi makanan tertentu seperti makanan panas, makanan berlemak, akan membuat lidah terasa kasar dan terasa aneh ketika makan dan minum. Hal ini terjadi karena terjadi kerusakan sementara pada papila reseptor lidah.
Untuk itu perlu diperhatikan, makanan dan minuman yang sebelumnya dikonsumsi. CObalah menghindari makanan tersebut. Selain itu, anda dapat mencoba untuk membersihkan lidah dengan sikat gigi pada sisi balik (sisi berlawanan dari ujung bulu sikat). Cobalah bersihkan dan berkumur dengan baik. Agar sisa makanan, benda asing dan sesuatu yang menempel di lidah dapat hilang. Demikian, semoga mencerahkan.
dijawab oleh: dr. Wiwid S