Konsultasi DokterMuslim

[Solved] Tanya Cara Mengatasi Mimisan Dok?  

Oktaviana Fizza Dewi
(@oktaviana)
New Member

Selamat Siang dok,

Maaf mau nanya. Mimisan sering terjadi dok, ngeluarin darah segar merah gituh dari hidung. Gimana sih dok cara yang betul untuk mengatasi mimisan?Makasih dok sharenya.

ReplyQuote
Posted : 28/06/2017 4:30 pm
dr. M. Wiwid Santiko
(@doktermu)
Active Member Admin

Hi Oktaviana,

Selamat malam. Kami ucapkan terimakasih karena telah menggunakan fasilitas bertanya DokterMuslim.

Mimisan memang sering terjadi. Namun anda tidak perlu khawatir. Anda dapat melakukan beberapa tips pertolongan pertama.

Bagaimana Pertolongan Pertama Mimisan Hidung?

  1. duduklah kepala ke depan dan berbaring atau bersandar ke depan. Dengan menjaga ke atas, akan mengurangi tekanan darah di vena hiidung. Ini akan mencegah perdarahan selanjutnya. Duduk dengan kepala condong kedepan akan membantu anda menelan darah dimana apabila darah tertelan akan mengiritasi lambung.
  2. tekan hidung bagian nostril. Gunakan jempol dan jari telunjuk untuk menekan nostril. Bernafaslah melalui hidung. Lanjutkan penekanan selama 5-10 menit. Penekanan ini akan menekan titik perdarahan pada septum nasi dan dapat menghentikan aliran darah.
  3. untuk mencegah perdarahan berulang. Janganlah memukul hidung anda dan jangan membungkuk selama beberapa jam setelah episode perdarahan. Selama kondisi dna waktu ini, tetap jaga kepala lebih tinggi dibandingkan jantung.
  4. jika perdarahan berulang terjadi. Semburkan lewat hidung dengan sekuatnya untuk membersihkan hidung dari bekuan darah. Berikan decongestan spray pada kedua sisi hidung yang mengandung oksimetazolin. Tekan hidung lagi seperti yang tertera pada cara nomor 2. Dan segeralah ke dokter.

Baca lebih lanjut di :  https://doktermuslim.com/pertolongan-pertama-mimisan-hidung/

Dijawab oleh : dr. M. Wiwid Santiko

ReplyQuote
Posted : 28/06/2017 4:38 pm
  
Working

Please Login or Register

Apabila Anda sekalian ingin berkonsultasi online gratis, dengan menanyakan terkait kesehatan Anda disini. Silahkan Login terlebih dahulu agar dapat menulis pertanyaan di “Tanya Dokter” Dokter Muslim. Apabila Belum mempunyai, akun Silahkan Daftar hanya 3 menitan saja.
Sistematika Bertanya:
1. Tuliskan Nama, Jenis Kelamin dan Usia
2. Deskripsi singkat kondisi kesehatan yang Anda Alami
3. Pertanyaan spesifik yang ingin Anda tanyakan.
Salam, DokterMuslim.com