Ketemu Hantu Bikin Nggak Bisa Gerak

Yudha Restu asked 2 tahun ago

Assalamu’alaikum dokter, saya pernah ketemu pocong pagi-pagi sepulang sholat subuh, saya mau lari karena takut tapi nggak bisa, mau teriak juga nggak bisa.
Setelah pocongnya hilang baru bisa lari sama teriak, itu kenapa ya, Dok ?

Apakah suhu paginya mempengaruhi, atau rasa takut yang bikin nggak bisa gerak ?
Mohon pencerahannya dok
 
Makasih Dok, Wassalam

1 Answers
dr. Wiwid Santiko Staff answered 2 tahun ago

Waalaikum salam wr wb bapak Yudha Restu,
Sebelumnya kami ucapkan terimakasih karena telah bertanya dengan pertanyaan yang menarik. Fenomena tidak dapat bergeraknya tubuh dalam keadaan sadar, berdiri tetapi tetap tangan dan kaki tidak bisa bergerak adalah fenomena yang cukup unik. Hal ini sering dikaitkan dengan bertemu hantu atau sejenisnya.
Menurut referensi yang ada, fenomena ini disebut dengan sleep paralisis. Sleep paralisis adalah kejadian dimana tubuh tidak dapat menggerakkan tubuh baik tangan dan kaki, meskipun dalam keadaan sadar dan terbangun. Fenomena ini paling sering ditemukan saat bangun pagi (orang indonesia menyebutnya dengan ketindihan) dan mungkin saat bertemu hantu seperti yang bapak ceritakan.
Untuk lebih jelasnya terkait sleep paralisis, kami telah menguraikannya yang dapat dibaca di :

Ketindihan (Sleep Paralisis) : Gejala hingga Pengobatan


Dalam melakukan segala aktifitas, silahkan isi hati kita dengan senantiasa mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala. Dengan mengingat Allah hati kita akan terisi. Di dalam ALQUran Allah berfirman “Fadzkuruunii Adzkurkum”. Ingatlah AKu (Kata Allah), maka AKu (Allah) akan mengingat kamu.
Demikian, semoga mencerahkan.

Yudha Restu replied 2 tahun ago

awalnya saya juga mikir sleep paralyze, tapi yang bikin bingung saya juga sudah berjalan dari rumah dan sholat subuh, artinya saya sudah bisa menggerakkan tubuh setelah bangun beberapa menit (20 menit) sebelumnya (dalam fase REM otak melumpuhkan otot-otot, artinya otot-otot sudah dikembalikan seperti semula)

Mohon pencerahannya kembali 😀