Masturbasi : Sisi lain Manfaat dan Kerugiannya

Manfaat dan Bahaya Onani Masturbasi

0
912

Masturbasi adalah aktifitas yang kadang dilakukan seseorang baik laki-laki dan  perempuan, dengan berimajinasi dan menimbulkan rangsangan serta meningkatkan hasrat seksual. Aktifitas ini dapat dilakukan siapapun, jenis kelamin apapun dan berbagai ras.

Meskipun sebuah mitos, bahwa tidak ada kerugian dan efek samping dari aktiftas ini, tetapi masturbasi yang berlebihan akan memilliki pengaruh negative pada kesehatan, aktifitas sehari-hari dan berhubungan sehari-hari. Beberapa peneliti mengatakan aktifias ini akan menimbulkan rasa kesenangan, dan memiliki pengaruh kesehatan.

Untuk lebih jelasnya, mari simak uraian berikut ini terkait efek samping kerugian dan manfaat dari masturbasi dari sisi medis.

Efek samping dan Kerugian Masturbasi

Aktifitas ini sekilas tidak memiliki kerugian dari sisi kesehatan, namun dapat menimbulkan gangguan mood seperti perasaan bersalah, perasaan berdosa dan dapat berimbas pada kebiasaan yang rutin dilakukan atau disebut dengan masturbasi kronis.

  1. Pengaruh Masturasi dan perasaan bersalah

Beberapa orang dapat merasa bersalah setelah melakukan aktifitas ini, ini karena kebudayaan, spiritual dimana tidak mengajarkan berbuat demkian dan berdosa. Aktifitas ini dimasyarakat akan menjdi perbuatan yang kotor dan memalukan.

Untuk itu, sebaiknya tidak sering melakukan hal demikian karena efek psikis dan psikologisnya sangat besar. Anda dapat terjerumus dalam ladang dosa. Untuk penjelasan fikih dan hukum syarinya dapat dibaca di artikel lain.

  1. Meimbulkan Ketergantungan dan Kecaduan untuk masturbasi

Beberapa orang dapat kecanduan untuk melakukan aktfitas ini. Kebanyakan mereka membuang waktu, energy dan hal bermanfaat mereka untuk melakukan kegiatan ini.

Bahkan beberapa orang dapat sampai berimbas pada aktifitas sehari-harinya, yaitu : kelelahan dan sering tidur tidak melakukan aktifitas, tidak berangkat sekolah dan kerja, membatalkan agenda dengan teman dan keluarga serta menjauhi aktifitas bersosial dengan orang lain.

Baca Juga:  Efek Samping Kemoterapi yang Wajib diKetahui [Lengkap]

Kecanduan dari aktifitas ini adalah pengaruh negative yang sangt mengganggu hidup anda. Aktifitas ini akan menyita belajar dan bekerja anda sehingga produktifitas anda akan menurun drastik. Hubungan sosial dengan teman juga menurun karena anda tidak memiiki wktu lebih kepada mereka.

Jika anda mengalami hal tersebut maka segera hubungi dokter psikiater dan konselor untuk membantu menghentikn aktifitas anda. Terapi wicara dapat membantu mengurangi kecanduan. Kegiatan lain yang positif juga dapat anda lakukan untuk menurunkan hasrat masturbasi. Aktifitas bermanfaat itu seperti:

-Berolahraga, Badminton, Sepakbola, Berlari, Jogging dan olahraga kesukaan anda lainnya
-Menulis buku, jurnal, dan hal bermanfaat lainnya
-Bersilaturahim ke teman, guru, dosen, dan orang lain
-Perbanyak ibadah, sholat, membaca alquran dan berdoa agar dijauhkan dari perbuatan tersebut.

Apakah Masturbasi dapat menurunan sensitivitas seksual?

Untuk perempuan, yang mempunyai disfungsi seksual, butuh rangsangan, dapat meningkatkan hasratnya dan sensitifitas seksualnya. Fakta menunjukkan, penelitian pada laki-laki dan perempuan dimana dilaporkan wanita terjadi peningkatan lubrikas, dan laki-laki berespon baik pada disfungsi ereksi.

Aktifitas ini dapa berimbas pada sensitifitas selama berhubungan seksual pada laki-laki, karena teknik yang dilakukan. Penelitian menunjukkan memegang alat kelamin pria dengan sering dan kencang dapat menurunkan sensitifitasnya. Para peneliti menyarankan untuk mengganti teknik masturbasi untuk mengembalikan sensitifitas selama berhubungan seksual.

Sisi lain Manfaat Masturbasi

Masturbasi ini beberapa ahli mengatakan mempunyai manfaat kesehatan fisik dan mental. Sebagian mereka menganggap aktifitas ini dapat : mengurangi stress, membuat tidur lebih pulas, meningkatkan mood penderita, merelaksasi diri, menimbulkan perasaan senang, mengobati kram, mengeluarkan hasrat seskual, dan mengetahui kebutuhan dan keinginan penderita.

Aktifitas ini juga dapat dilakukan pasangan suami istri yang tidak ingin hamil, dan mencegah penularan penyakit menular seksual yang didapat bila berhubungan seksual.

Baca Juga:  Kapan USG pertama Kehamilan : Tips USG dari Dokter

Hubungan Masturbasi dan Kanker Prostat

Beberapa penelitian menunjukan ejakulasi regular akan menurunkan risiko kanker prostat, tetapi bagaimana meknismenya masih belum diketahui. Penelitian meunjukkan risiko kanker prostat menurun sekitar 20% pada laki-laki yang ejakulasi selama 21 kali selama sebulan.

Pada penelitian lain, ditemukan hubungan sering ejakulasi dengan penurunan risiko kanker prostat. Tetapi prinsipnya, sampai saat ini belum ada bukti klinis yang nyata bahwa ejakulasi sering (masturbasi) dapat melindungi seseoang dari munculnya kanker prostat.

Hubungan Masturbasi Selama Kehamilan

Adanya perubahan hormonal selama kehamilan dapat menyebabkan beberapa wanita hamil merasa meningkat keinginan seksualnya. Masturbasi adalah cara aman untuk mengeluarkan hasrat tersebut saat sedang hamil.

Beberapa gejala ringan dapat terjadi seperti kram dan kontraksi palsu brakston hix ketika dan selama terjadi orgasme. Jika kontraksi tidak muncul dan bertambah nyeri dan sering kontraksinya, maka segera hubungi dokter terdekat.

Masturbasi sangat tidak aman pada wanita yang risiko tinggi kehamilan karena orgasme dapa meningkatkan risiko untuk melahirkan dini dan memicu persalinan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, ini hanyalah sebagai pengetahuian saja. Silahkan anda cerdas dan bijak dalam memilah dan menerima informasi. Salam, DokterMuslim.com

Oleh: dr. M. Wiwid Santiko
Yogyakarta, 9 Juni 2017

Ringkasan Artikel
Masturbasi : Sisi lain Manfaat dan Kerugiannya
Judul Artikel
Masturbasi : Sisi lain Manfaat dan Kerugiannya
Deskripsi
Masturbasi adalah aktifitas yang kadang dilakukan seseorang baik laki-laki dan  perempuan, dengan berimajinasi dan menimbulkan rangsangan serta meningkatkan hasrat seksual.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here