Manfaat Buah Kiwi yang Sering di remehkan

Kegunaan Buah Kiwi, Mengkonsumsi Buah Kiwi Setiap Hari

0
1557

Bauh kiwi adalah buahyang kaya akan manfaat disetiap bagiannya. Manfaat buah kiwi ini kaya akan vitamin C, manis dan kuat rasannya. Buah kiwi ternyata mengandung banyak vitamin C, vitamin E, asam folat dan kalium tinggi. Buah ini juga kaya akan antioksidan dan kaya serat. Bahkan biji hitamnya pun dapat dimakan.

Buah tumbuh tidak disemua tempat tetapi dapat tumbuh disetiap waktu tidak tergantung musim. Rata-rata  tumbuh sekitar bulan November hingga mei. Ada juga tumbuh antara bulang junni hingga oktober. Buahkiwiini juga kita jumpai dalam bentuk suplemen.

  1. Buah Kiwi Mengobati Asma

Kandungan tinggi vitamin C dan antioksidan dari buah kiwi, dapat membantu mengobati asma seseorang. Berdasarkan penelitian, terdapat efek baik memperbaiki fungsi paru-paru bagi orang yang mengkonsumsi buah ini teratur. Buah segar seperti kiwi ini dapat mengurangi mengi dan sesak nafas teruatama sesak nafas pada anak.

  1. Memperlancar pencernaan

Buah kiwi ini akya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Buah ini juga mengandung enzim proteolitik yang disebut dengan actinidin yang membantu mencerna protein. Penelitian menunjukkan, ekstrakbuahkiwi yang mengandung actinidin sangat membantu mencerna protein.

  1. Meningkatkan Immunitas Daya Tahan Tubuh

Buah kiwi adalah nutrient yang padat dan kaya akan vitamin C. fakta menunjukkan bahwa, 1 cangkir buah kiwi dapat memenuhi 273% kebutuhan nutrisi harian anda. vitamin adalah nutrient esensial yang dapat meningkatkan imunitas. Penelitian menunjukkan buah kiwi membantu meningkatkan fungsi imunitas ini dan mengurangi gejala flu dan batuk. Hasil nyata ditemukan terutama pada lansia usia lebih dari 65 tahun dan anak kecil.

  1. Mengurangi Risiko Berbagai Penyakit

Stress oksidatif dapat menrusak DNA kita. Ini akan meningkatkan terjadinya berbagai penyakit. Antioksidan yang dikonsumsi regular dari buah kiwi  dan ekstrak buah kiwi dapat menurunkan stress oksidatif ini. Ketika oksidatif merusak DNA dan berkaitan dengan kanker kolon, konsumsi teratur buah kiwi dapat menurunkan risiko kanker kolon juga.

  1. Dapat Mengatur Tekanan Darah

Tidak hanya buah kiwi yang dapat meningkatkan imunitas kita, tetapi juga dapat mengendalikan tekanan darah. Penelitian 2014, menunjukkan senyawa bioaktif di buah kiwi dapat menurunkan tekanan darah lebihbaik 3 kali lipat dibandingkan buah apel apabila dikonsumsi setiap harinya. Dalam jangka panjang, ini akan menurunkan risiko penyakit yang berkaitandengan peningkatan tekanan darah seperti stroke dan penyakit jantung koroner.

  1. Mengurangi Bekuan Darah

Fungsi  tambahan buah kiwi ini selain mengendalikan tekanan darah, juga dapat mengurangi bekuan darah. Penelitian di universitas oslo, menunjukkan, makan 2-3 buah kiwi setiap hari dapat secara signifikan menurunkan risiko pembekuan darah. Selain itu juga dapat mengurangi jumlah lemak dalam darah. Peneliti mengatakan bahwa efek ini sama seperti dosis harian aspirin untuk memperbaiki fungsi kesehatan jantung.

  1. Mencegah Kebutaan Mata

Degenerasi macula, dapat menyebabkan hilangnya pengkihatan dan fakta menunjukkan bahwa buah kiwi dapat membantu mata anda terhindar dari hal tersebut. Penelitian menunjukkan,, memakan 3 buah kiwi setiap hari dapat menurunkan degenerasi macula sebesar 365. Buahkiwi kaya akan zeaxanthin dan lutein yang berkontribusi terhadap efek ini.

Baca Juga:  Kapan USG melihat Jenis Kelamin Bayi

Catatan Terkait Buah Kiwi

Memakan buah kiwi aman bagi sebagian besar orang. Yang jarang ditemukan dan terjadi pada sebagian kecil orang adalah reaksi alergi. Tanda dari reaksi alergi ini meliputi : gatal tenggorokan, masalah menelan, lidah membengkak, mual dan muntah. Risiko ini meningkat apabila anda juga alergi terhadap buah dan benda lain seperti alergi kacang-kacangan, alpukat, lateks, gandum, udang  dan lainnya.

Pada sebagian kasus, buah kiwi dapat menurunkan pembekuan darah, akibatnya risiko perdarahan meningkat. Pada kasus perdarahan hebat, dan pada operasi anda tidak dianjurkan mengkonsumsi buah kiwi ini.

Saran Penyajian dan Dosis Buah Kiwi

Buah kiwi dapat dimakan langsung dan diblender. Tidak disarankan dimasak dulu karena mengurangi kadar vitamin C. buah ini juga tersedia dalam bentuk suplemen bubuk, tablet dan kapsul ekstrak. Dosis penggunaan tergantung usia, status kesehatan dan pengobatan yang dijalani pasien.

Makan 3 buah kiwi setiap hari,  pada sebagian besar orang dapat meningkatkan kebutuhan nutrient dari buah. Ini setara dengan 5,5 gram. Ikutilah petunjuk penggunaan suplemen dan konsultasikan ke dokter terkait suplemen yang akan dikonsumsi terutama terkait keamanan pada suplemen tersebut.

Anda juga dapat mengolah buah ini menjadi berbagai bentuk masakan untuk meningkatkan selera makan dan mengurangi kebosanan. Pilihannya seperti dibuat smoootie strauberi kiwi, salad kiwi dan pisang, sup kiwi dan sayur, dan masakan lainnya.

Ditulis dengan Cinta, Salam DokterMuslim.com

Oleh: dr. M. Wiwid Santiko
Yogyakara, 18 Juni 2018

Ringkasan Artikel
Manfaat Buah Kiwi yang Sering di remehkan
Judul Artikel
Manfaat Buah Kiwi yang Sering di remehkan
Deskripsi
Manfaat buah kiwi ini kaya akan vitamin C, manis dan kuat rasannya. Buah kiwi ternyata mengandung banyak vitamin C, vitamin E, asam folat dan kalium tinggi.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here