Hamil 9 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

0
1590

Hamil 9 minggu adalah usia kehamilan dimana sudah memasuki usia 9 minggu atau sekitar 2 bulan. Pada minggu ini, kondisi ibu sudah mulai berubah dan perkembangan janin 9 minggu masih terus terjadi.

Bagi yang belum membaca lengkap, silahkan baca panduan ibu hamil dari minggu ke-1 hingga minggu ke-40 hanya di panduan ibu hamil lengkap. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Perubahan pada Ibu hamil 9 minggu

Secara tampakan fisik, ibu mungkin belum terlihat sedang hamil, tetapi secara tanda, sudah memunculkan beberapa perubahan. Perubahan tersebut seperti mood mudah berubah, nyeri ulu hati dan perasaan kembung di perut. Ini adalah masalah ketidaknyamanan yang sering terjadi pada kehamilan.

Sehingga, mencegah nyeri ulu hati adalah langkah terbaik untuk meredakannya. Anda dapat menghindari nyeri ulu hati dengan makan sedikit demi sedikit tapi sering dibandingkan makan dengan porsi besar. Selain itu, setelah makan, janganlah langsung berbaring. Ini akan memicu nyeri ulu hati. Hindarilah makanan pedas.

Perkembangan Janin Hamil 9 minggu

Pada minggu ini, perkembangan janin secara ukuran masih sangant kecil, tetapi janin bersiap untuk perkembangan yang cepat. Ekor embrionik sudah terbentuk pada minggu ke-9. Alis mata, sudah terbentuk dan berfusi (bergabung) satu sama lain, kemudian memisah lagi pada minggu ke 28. Semua sendi janin, seperti sendi lutut, sendi siku, bahu, ankel dan pergelangan tangan mulai bergerak.

Sendi tersebut membuat janin bergerak bebas di cairan amnion (air ketuban). Denyut jantung janin mulai berdetak pada hari ke-24 atau akhir minggu ke-3. Janin juga membuat isapan jari pertama pada minggu ini.

Ukuran Janin 9 minggu kehamilan

Janin berukuan sekitar 4,2 cm mlai dari kepala hingga kaki. Beratnya sekitar 1 ons. Jika diibaratkan, maka ukuran janin ini sebesar buah anggur. Sungguh menajubkan jika meresapi proses penciptaan manusia ini, niscaya akan menambah iman kita.

Baca Juga:  Hamil 16 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Apa yang harus dilakukan Ibu Hamil 9 minggu

Jika ibu berusia lebih dari 35 tahun dengan riwayat genetik seperti sistik fibrosis, maka hendaknya anda memeriksaan genetik bayi dan menuju ke konsultan genetik. Pemeriksaan prenatal seperti CVS (Chorionic villus sampling) perlu dilakukan.

Tes CVS tersebut dapat dilakukan pada minggu ini, yaitu antara minggu ke-9 sampai minggu ke 12. Selain itu deteksi abnormalitas kromosom seperti trisomi 21 (sindrom down) dan penyakit genetik lain seperti sistik fibrosis akan memiliki akurasi tinggi yaitu sekitar 98-99% besarnya. Sehingga hal ini perlu diperhatikan.

  1. Tips untuk Ibu Hamil

Pada titik ini, kehamilan anda mulai lebih membuat anda lemah lesu. Ini karena perubahan hormonal, masalah tidur pada malam hari dan mual muntah pada kehamilan. Tidak tidur dengan baik pada malam hari dapat disebabkan tidak mendapat posisi kenyamanan atau sering buang air kecil. Jika anda kesulitan tidur, maka hendaknya mengganti posisi tidur senyaman mungkin.

  1. Tips Untuk Suami

Tetaplah membuat istri anda senantiasa nyaman dan relaksasi di tempat tidur. Membuat nyaman istri akan membuat gejala yang berat pada ibu, menjadi lebih ringan. Gantilah kasur dengan yang lebih empuk, tinggikan bantal istri, dan jaga suhu saat tidur agar tidak kedinginan atau kepanasan.

Demikian sedikit pembahasan tentang hamil dengan usia 9 minggu. Tetaplah menjaga kesehatan anda. Jaga kehamilan anda dan jaga keluarga anda. Semoga bermanfaat.

Oleh: dr. Wiwid Santiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here