Hamil 18 minggu : Panduan Ibu hamil Lengkap

Panduan Ibu Hamil Lengkap

0
135

Hamil 18 minggu adalah kondisi dimana ibu sedang kondisi mengandung dengan usia kehamilan 18 minggu atau 2 minggu menuju pertengahan usia kehamilan normal. Pada minggu ini sudah mulai terjadi perubahan yang berarti baik pada diri ibu, dan diri janin dalam kandungan.

Perubahan Ibu Hamil 18 Minggu

Perubahan pada tubuh ibu terus terjadi dan orang lain dapat mengenali anda bahwa anda sedang hamil, terutama jika memakai pakaian yang kendor seperti daster. Banyak perubahan yang terjadi. Sistem kardiovaskuler akan mempengaruhi kehamilan anda dan tekanan darah anda mungkin akan turun. Ini mengapa sangat penting bagi anda untuk berdiri pelan-pelan atau duduk pelan-pelan untuk menghindari hipotensi orthostatik. Usaha pelan-pelan ini akan mengurangi rasa pusing berputar.

Perkembangan Janin Hamil 18 minggu

Pada saat ini panjang janin sebesar 16 cm dan berat janin sebesar 5,5 ons. Bagaimana kondisi janin? Selaput pelindung syaraf yang disebut myelin mulai melingkupi syaraf janin. Lapisan ini akan menutupi terus dari sekarang hingga janin tahun pertama. jika anda memiliki anak kecil, tuba fallopi dan rahim berposisi ke tempat yang normal.

Jika anak anda berjenis kelamin laki-laki, maka organ genitalnya mulai terdeteksi dengan pemeriksaan USG. Meskipun terkadang sulit mendeteksi genital, sehingga anda tidak perlu khawatir bila pada minggu ini anda tidak melihatnya.

Panduan Ibu Hamil 18 minggu

Banyak bagi anda akan melakukan pemeriksaan prenatal ketiga. Pemeriksaan ini melalui prosedur yang berbeda. Anda mungkin diperiksa sonogram reguler atau sonogram level II. Sonogram level II adalah USG mudah untuk melihat bagian perkembangan janin.

Hal ini akan memudahkan dokter untuk melihat lebih detile sepert ruang jantung. Teknologinya lebih maju dibandingkan sonogram level I. Anda juga mungkin memeriksa maternal serum alfafetoprotein atau MSAFP. MSAFP disebut juga pemeriksaan serum alfafetoprotein dimana mengukur kadar alfafetprotein pada darah ibu. Terkadang juga dilakukan pemeriksaan skrining tripel jika dibutuhkan.

Baca Juga:  Hamil 6 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Tips untuk Ibu Hamil

Banyak wanita hamil kesulitan beraktifitas tanpa tidur siang. Jika anda berada dirumah, ini kesempatan terbaik untuk tidur siang. Jika anda mempunyai putra putri kecil, maka anda dapat mengajaknya tidur siang. Cobalah menjadwalkan siang hari beberapa menit istirahat.

Jika anda seorang pekerja, cobalah berisitrahat beberapa menit. Jika anda pekerja kantoran, maka anda dapat menutup ruang anda untuk istirahat setidaknya 15 menit. Jika anda terdapat kesibukan seperti rapat, anda dapat menggunakan alarm agar tidak tertidur lama. Karena tidur cukup sangat penting bagi ibu hamil.

Tips untuk Suami

Ibu hamil sering mengalami perasaan gelisah akibat adanya janin yang tumbuh di perutnya. Jika anda pekerja, usahakan istirahat setidaknya 30 menit. Bila anda satu kantor, maka dapat mengajak istri anda makan siang bersama. Anda dapat membantu menghandel pekerjaannya. Karena sejatinya ibu membutuhkan waktu tidur, istirahat, yang cukup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here