Konsultasi DokterMuslim

[Solved] Minus mata  

Sanivesa Tafak Maulina
(@sani)
New Member

Aslkm dok, mw tanya adakah cara mengurangi minus mata tanpa operasi?

ReplyQuote
Posted : 26/08/2017 4:01 pm
dr. M. Wiwid Santiko
(@doktermu)
Active Member Admin

Dear Sanivesa Tafak Maulina,

Kami ucapkan terimakasih karena telah menggunakan fasilitas konsultasi online DokterMuslim.com.

Mata minus, atau Rabun Jauh atau dalam istilah kedokteran disebut dengan Miopia memang sering terjadi baik anak-anak dan dewasa. Terkait Cara mengurangi mata minus tanpa operasi relatif tidak efektif dibandingkan operatif. Ada beberapa pilihan terapi rekomendasi dari AOA untuk meningkatkan pandangan yang kabur karena Miopia, meliputi:

1. Penggunaan Kacamata : Penggunaan kacamata telah menjadi pilihan terbaik untuk mengkoreksi minus mata. Sebelum menggunakan kacamata, hendaknya tidak membeli di pinggir jalan, dan anda harus memeriksa mata, berapa kekuatan dioptri mata, apakah ada silinder dan lainnya ke dokter spesialis mata setelah itu akan dibuatkan resep kacamata sesuai kondisi mata.

2.  Kontak lens : penggunaan kontak lensa cara kerjanya sama dengan kaca mata. Namun risiko iritasi mata lebih tinggi.

3. Orthokeratology atau corneal refractive terapy (CRT). Pada terapi non bedah ini, anda memakai kontak lensa yang dibentuk khusus serial dan kaku sesuai kurvatura kornea. Dengan CRT ini, cahaya akan dibelokkan sesuai refraksi yang benar.

4. Terapi Laser : terapi laser meliputi LASIK (Laser in situ Keratomileusis) dan PRK (Photorefractive Keratectomy). Pada PRK, laser akan membuang lapisan tipis pada permukaan kornea untuk merubah bentuk dan fokus cahaya yang masuk ke mata. Pada LASIK, akan dibuang jaringan jari lapisan dalam, tetapi tidak dari permukaan kornea.

5. Olahraga Bola Mata (Terapi Penglihatan karena Miopia dipicu Stress). Terapi ini cocok untuk gangguan fokus mata karena spasme otot bola mata. Olahraga bola mata ini dapat memperbaiki kemampuan fokus dan meningkatkan fokus penglihatan mata.

Demikian cara yang dapat dilakukan untuk mengobati, mencegah dan menangani mata minus. Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh : dr. M. Wiwid Santiko

ReplyQuote
Posted : 26/08/2017 5:15 pm
  
Working

Please Login or Register

Apabila Anda sekalian ingin berkonsultasi online gratis, dengan menanyakan terkait kesehatan Anda disini. Silahkan Login terlebih dahulu agar dapat menulis pertanyaan di “Tanya Dokter” Dokter Muslim. Apabila Belum mempunyai, akun Silahkan Daftar hanya 3 menitan saja.
Sistematika Bertanya:
1. Tuliskan Nama, Jenis Kelamin dan Usia
2. Deskripsi singkat kondisi kesehatan yang Anda Alami
3. Pertanyaan spesifik yang ingin Anda tanyakan.
Salam, DokterMuslim.com