Konsultasi DokterMuslim

[Solved] Dok, Bagaimana mengobati Flu tapi tanpa Obat?  

Shida Nadhifatul Lathifah
(@lathifah)
New Member

Selamat pagi,,assalamu alaikum dokter...

Maaf ingin menanyakan,,akhir-akhir ini musim penghujan dan sering sekali terkena gejala flu pilek. Awalnya sih cuma tenggorokan sakit, tapi akhirya meler juga dok sehari kemudian. Nah, ada gak dok pengobatan untuk flu tapi ndak pakai obat-obatan dulu?kalau bisa jangan pakai obat dulu gitu...makasih dok... 🙂 🙂 🙂

ReplyQuote
Posted : 26/05/2017 12:52 am
dr. M. Wiwid Santiko
(@doktermu)
Active Member Admin

Hi Shida Nadhifatul Lathifah,

Waalaikum salam wr wb...Sebelumya kami ucapkan terimakasih karena telah menggunakan fasilitas konsultasi gratis doktermuslim.

Baik, memang gejala flu atau pilek sering terjadi terutama di musim penghujan seperti ini. Gejala ini meskipun ringan tetapi sangat merepotkan. artinya apabila kita beraktifitas, tiba-tiba meler tentu sangat tidak mengenakkan. Dan juga membuat kita harus sedia tissue dimana-mana.

Betul memang sering sekali gejala awal dari flu ini didahului nyeri tenggorokan, namun tidak selalui. Apabila disertai dengan nyeri ini maka kemungkinan besar didahului peradangan pada faring atau terjadi faringitis kalau istilah medisnya. nah untuk pengobatannya, jika dalam fase akut, pengobatan terbaik adalah dengan meningkatkan imunitas dan daya tubuh kita. Lalu bagaimana caranya?

Pertama, mengkonsumsi makanan berantioksidan tinggi seperti jeruk, mangga dan buah-buah lainnya, kedua minum minuman yang hangat karena minuman hangat akan meningatkan penyembuhan. ketiga tetap menjaga makanan yang kita makan tetap higenis. apabila sudah melakukan itu, setelah 3 hari tidak ada perbaikan, atau malah bertambah parah seperti muncul demam, lendir kental, sesak nafas, sulit bernafas (hidungtersumbat), dan gejala berat lainnya, maka kami sarankan untuk memeriksakan ke dokter. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel berikut:

https://doktermuslim.com/mengobati-flu-tanpa-obat/

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga menjawab pertanyaannya. Salam DokterMuslim.com

Dijawab  oleh : dr. M. Wiwid Santiko

ReplyQuote
Posted : 26/05/2017 1:03 am
  
Working

Please Login or Register

Apabila Anda sekalian ingin berkonsultasi online gratis, dengan menanyakan terkait kesehatan Anda disini. Silahkan Login terlebih dahulu agar dapat menulis pertanyaan di “Tanya Dokter” Dokter Muslim. Apabila Belum mempunyai, akun Silahkan Daftar hanya 3 menitan saja.
Sistematika Bertanya:
1. Tuliskan Nama, Jenis Kelamin dan Usia
2. Deskripsi singkat kondisi kesehatan yang Anda Alami
3. Pertanyaan spesifik yang ingin Anda tanyakan.
Salam, DokterMuslim.com