Bronkiolitis : Gejala, Penyebab dan Tatalaksana

0
2701



Tatalaksana

  1. Tatalaksana dari bronkiolitis terdiri dari suportif terapi meliputi monitoring, control demam, hidrasi yang baik, suction saluran nafas atas, dan oksigenasi.
  2. Oksigenasi melalui nasal kanul, intbasi atau ventilator untuk mencagah apnea dan gagal nafas.
  3. Indikasi dirawat dirumah sakit meliputi usia muda (< 6bulan), ada distress respirasi sedang (Respirasi rate tidur > 50-60 x/menit), hipoksemia (PO2 <60 mmHg, atau saturasi oksigen < 92%), apnea, iritabilitas, sulit makan, dan tidak adanya perawatan yang baik dirumah.
  4. Anak dengan penyakit paru kronis, seperti bronkopneumoni dysplasia, hemodinamik cyanosis, acyanosis congenital heart disease, neuromuscular weakness, dan imunodefisiensi sangat berpotensi meninggal. Hospitalisasi dari anak resiko tinggi dengan bronkiolitis sangat diperhatikan.
  5. Bronkodilator dapat memperbaiki wheezing dan distress respirasi pada anak.

Komplikasi

Kebanyakan anak yang dirawat dirumah sakit menunjukkan perbaikan klinis selama 2-5 hari dengan suportif terapi. Wheezing bisa disertai tachypnea dan hipoksia dan berkembang menjadi gagal nafas. Apnea adalah komplikasi yang sangat membutuhkan perhatian karena mengancam jiwa.


Prognosis

Kebanyakan kasus bronkiolitis sembuh sempurna meskipun abnormalitas minor dari fungsi paru, dan hiperaktifitas bronkial terjadi untuk beberapa tahun. Rekurensi sering terjadi, tetapi biasanya ringan dan dapat diobati pada epsode pertama.

Insidensi asma lebih tinggi untuk dirawat di rumah sakit disbanding bronkiolitis. Ada sektiar 1-2% mortalitas tinggi pada anak terutama dengan penyakit kardiovaskuler dan gangguan imunologi.


Pencegahan

Injeksi setiap bulan palivizumab, sebuah RSV spesifik monoclonal antibody, diinisiasi sebelum onset dari infeksi RSV. Palivizumab di indikasikan untuk beberapa anak dengan bronkopulmorany dysplasia, bayi lahir berat badan rendah, dan bayi dengan hemodinamik cyanosis, serta acyanosis congenital heart disease.


Ringkasan Artikel
Bronkiolitis : Gejala, Penyebab dan Tatalaksana
Judul Artikel
Bronkiolitis : Gejala, Penyebab dan Tatalaksana
Deskripsi
Bronkiolitis adalah wheezing (mengi) pertama dengan infeksi virus pada saluran respirasi. Ciri khas dari bronkiolitis akut adalah inflamasi pada saluran respirasi dengan obstruksi airway yang dihasilkan dari pembengkakan dari bronkiolus kecil, dan menyebabkan aliran udara ekspirasi tidak adekuat.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo
Baca Juga:  Prosedur Bedah Paratiroidektomi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here