Apa itu Vaksinasi dan Imunisasi

0
24

Vaksinasi adalah cara mudah, aman dan efektif untuk melindungi tubuh kita dari penyakit, sebelum anda kontak dengan kuman penyakit tersebut. Proses ini menggunakan pertahanan almi tubuh kita untuk membangun resistensi terhadap infeksi spesifik, dan membuat imunitas kita semakin kuat. Vaksin akan melatih system imun kita untuk membuat antibodi. Meskipun vaksin dapat berupa kuman yang dilemahkan atau yang telah mati, seperti virus dan bakteri, tetapi tidak akan menyebabkan penyakit atau komplikasi yang parah, meskipun dapat terjadi KIPI (Kejadian Ikutan Paska Imunisasi).

Bagaimana Cara Kerja Vaksin?

Cara kerja vaksin, yakni dengan membuat pertahanan alami tubuh kita. Tubuh kita akan mengenali kuman yang dilemahkan atau yang telah mati, kemudian memicu tubuh kita memproduksi antibody. Antibody inilah yang nantinya melawan kuman sebenarnya, penyebab penyakit.

Sampai saat ini, vaksin masih terus diteliti untuk ditemukan yang terbaik dan terbaru. Sampai saat ini, dapat kita jumpai banyak jenis vaksin seperti vaksin difteri, meningitis, influenza, polio, pneumonia, tifoid, tetanus, rubella, pertussis, measless, hingga covid-19.

Sampai saat ini masih terus dikembangkan vaksin dengan berbagai mekanisme kerja, termasuk membuat spike glikoprotein melalui mRNA, sel dendritic, dan jenis-jenis lainnya.

Apakah terdapat efek samping pemberian vaksin?

Terkait keamanan vaksin, vaksin relative aman meskipun terdapat beberapa efek samping yang biasanya bersifat minor dan sementara, seperti nyeri pada area suntikan, dan demam. Efek samping lebih serius dapat mungkin terjadi, tetapi relatif jarang.

Seperti halnya, berbagai obat, vaksin dapat memiliki efek samping dan gejala KIPI, diantaranya nyeri area injeksi, demam ringan, dan kemerahan area injeksi. Bila gejala ini muncul, berkonsultasilah kepada dokter terdekat anda.

Demikian penjelasan singkat untuk orang awam, terkait vaksinasi. Semoga kita semua sehat selalu.

Baca Juga:  Olahraga Pada Trimester Pertama yang Aman Dilakukan

Referensi:
https://www.who.int/news-room/q-a-detail/vaccines-and-immunization-what-is-vaccination

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here