Cara Menenangkan Saraf Gigi Sakit Menggunakan Bahan Alami

0
46

Menenangkan saraf gigi sakit tidak perlu menggunakan obat, sebab ada bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasinya. Selain bahannya cukup mudah dilakukan, langkah-langkah yang perlu dilakukan juga sederhana.

Dengan beberapa cara ini, Anda dapat menghindari penggunaan obat peredam nyeri itu. Selain itu, langkah-langkahnya yang mudah dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama jika belum memungkinkan datang ke dokter.

Cara Mudah Menenangkan Saraf Gigi Sakit

Penyebab timbulnya rasa sakit sendiri sangat beragam, salah satunya karena adanya gigi berlubang akibat infeksi bakteri. Jika telah demikian, maka akan menimbulkan rasa nyeri dan ngilu di sekitar lubang giginya.

Meskipun sangat umum terjadi pada setiap orang, baik anak-anak hingga dewasa, namun rasa sakitnya dapat sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, perlu segera menenangkan saraf gigi yang sakit agar dapat kembali beraktivitas seperti biasanya.

Ketika gusi terasa nyeri dan menghambat aktivitas sehari-hari, maka segera lakukan pertolongan pertama tanpa obat. Berikut adalah langkah-langkah mudah menenangkan saraf gigi sakit menggunakan bahan-bahan alami.

  1. Kumur Air Garam

Air garam merupakan desinfektan alami, serta dapat melonggarkan partikel makanan juga kotoran yang masih tersangkut. Menggunakan air garam untuk berkumur juga bisa membantu mengurangi radang dan menyembuhkan luka di mulut.

Caranya sendiri sangar mudah, cukup dengan mencampurkan ½ sendok teh garam dalam segelas air hangat. Selanjutnya, gunakan air garam tersebut untuk berkumur secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Kompres Dingin

Kompres dingin dapat digunakan untuk menenangkan saraf gigi sakit terutama jika penyebabnya adalah trauma tertentu. Kompres dingin efektif untuk mengurangi rasa sakit yang muncul.

Ketika Anda mengompres area yang nyeri, pembuluh darah akan menyempit, selain itu pembengkakan dan peradangan juga akan berkurang. Kompres dingin dilakukan pada area yang sakit selama 15 hingga 20 menit hingga saraf giginya terasa mati rasa.

  1. Bawang Putih

Bahan masakan yang selalu tersedia di dapur ini juga digunakan sebagai obat tradisional pada banyak kebudayaan. Bawang putih sendiri digunakan sebab memiliki senyawa antibakteri sehingga dapat membasmi bakteri berbahaya penyebab plak serta meredakan nyeri.

Baca Juga:  Waspadai “Usus Buntu” : Kenali Tandanya dan Cegah Komplikasinya

Cara menenangkan saraf gigi sakit ini hanya dengan menghancurkan satu siung bawang putih untuk dijadikan pasta, lalu oleskan pasta bawang putih tersebut ke area saraf yang ngilu. Cara lainnya, Anda juga dapat mengunyah satu siung bawang putih segar perlahan-lahan.

  1. Minyak Cengkih

Minyak Cengkih terbukti efektif dapat meredakan rasa sakit serta mengurangi radang sementara waktu. Cengkih memiliki kandungan eugenol sebagai antiseptik alami dan dapat dimanfaatkan untuk obat kumur menggunakan beberapa cara.

Pertama, Anda dapat menggigit kapas yang sebelumnya direndam atau diberikan minyak cengkih pada bagian nyeri. Kedua, campur setetes minyak cengkih pada air hangat untuk kumur beberapa kali dalam sehari.

  1. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji sering dijadikan sebagai bahan teh herbal, apalagi terdapat kandungan antioksidan, vitamin C, serat, juga potasium. Bukan hanya itu saja, Anda juga menggunakan jambu biji untuk menenangkan saraf gigi sakit secara efektif.

Daun jambu biji memang memiliki sifat antimikroba sehingga dapat melindungi kesehatan gigi maupun mulut. Cara penggunaannya dengan menghancurkan daun jambu gigi dan mencampurnya pada air mendidih, dapat juga mengunyahnya secara langsung.

  1. Ekstrak Vanilla

Cara menenangkan saraf gigi sakit terakhir adalah dengan menggunakan ekstrak vanilla karena kandungan alkohol yang dapat mengurangi rasa sakit. Terdapat juga sifat antioksidan sebagai penyembuh efektif.

Ketika ingin mencoba cara ini, sebelumnya pastikan Anda menggunakan ekstrak vanilla asli daripada imitasi. Hal ini karena kandungan keduanya tentu saja berbeda, ekstrak asli akan jauh lebih efektif menyembuhkan gusi ngilu.

Meskipun umum terjadi pada setiap orang, sakit gigi dapat menghambat kegiatan sehari-hari sehingga harus segera dilakukan pertolongan pertama. Jika beberapa cara menenangkan saraf gigi sakit tidak membuahkan hasil, maka segera hubungi dokter.

Baca Juga:  794 Manfaat Jus Lidah Buaya secara Medis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here