Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan, Tidak Banyak Orang Tahu

0
31

Manfaat daun mimba untuk kesehatan sangat banyak, namun tidak banyak orang mengetahui hal tersebut. Bahan herbal ini dapat membantu menyembuhkan luka hingga mengontrol diabetes.

Tumbuhan ini sendiri memiliki nama lain Neem atau Azadirachta Indica, merupakan tanaman yang berasa dari India. Berbagai bagian tanamannya, terutama daun, sering kali menjadi obat alami untuk mengatasi beragam kondisi medis.

Anda juga perlu berhati-hati jika mencoba daun mimba secara oral, termasuk produk yang dikonsumsi langsung lewat mulut. Anda perlu melakukan konsultasi dan meminta resep dokter untuk menghindari timbulnya keracunan parah hingga gejala neurologis dan psikotik.

Ketahui Beberapa Manfaat Daun Mimba Bagi Kesehatan

Meskipun manfaat dari daun mimba sangat banyak, namun Anda tetap harus berhati-hati dalam penggunaannya. Hal ini karena terdapat efek samping yang mungkin terjadi mulai dari peradangan kulit, dermatitis kulit kepala, dan lainnya.

Meskipun memiliki efek samping, namun penggunaan yang tepat dan tidak berlebihan tetap memberikan khasiat pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat daun mimba bagi kesehatan yang tidak banyak diketahui orang.

  1. Penyembuhan Luka

Khasiat pertama adalah mempercepat proses menyembuhkan luka, yaitu melalui peningkatan respons peradangan serta pembentukan pembuluh darah baru. Menurut studi kasus, mengoles 100mg dua kali sehari dapat menyembuhkan ulkus kronis kulit sepenuhnya.

Riset lainnya menunjukkan jika mengonsumsi 30mg ekstrak mimba secara oral dua kali sehari dalam 10 hari bisa menurunkan sekresi asam pada penderita radang usus. Meski demikian, perlu penelitian lebih banyak untuk memperkuat temuan itu.

  1. Kontrol Diabetes

Manfaat daun mimba sebagai obat herbal dipercaya dapat membantu mengontrol diabetes. Hal ini karena ekstraknya dapat menghidupkan kembali sel-sel yang memproduksi insulin, merupakan hormon untuk menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga:  Manfaat asam folat bagi Ibu Hamil : Dosis dan Sumber

Khasiat ini juga telah melalui studi hewan studi yang menunjukkan bahwa ekstrak daun herbal ini berkemungkinan besar dapat menjadi obat baru diabetes. Meskipun demikian, perlu dilakukan studi lanjutan untuk dapat membuktikan khasiat tersebut.

  1. Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

Bahan herbal satu ini memiliki kandungan antioksidan serta antiradang sehingga dapat membantu melawan stres oksidatif. Karena adanya kandungan tersebut, daunnya berpotensi dapat meningkatkan kesehatan ginjal dan hati.

Menurut studi, ekstraknya dapat mengurangi kerusakan hari akibat konsumsi obat acetaminophen dalam dosis tinggi. Selain itu, manfaat daun mimba juga dapat memperbaiki kerusakan jaringan ginjal akibat kemoterapi.

  1. Menenangkan Kulit Iritasi dan Gatal

Terdapat senyawa antibakteri dan antiradang pada daunnya sehingga memungkinkan untuk meredakan iritasi pada kulit. Bukan hanya itu saja, ekstraknya juga memberi efek sejuk untuk merawat kulit sensitif, juga memberi efek menenangkan pada kulit dehidrasi atau kering.

Manfaat daun mimba juga dapat meredakan gatal karena adanya antiradang dan antimikroba. Hal inilah yang membuat masyarakat India sering menggunakan daunnya untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk gatal-gatal.

  1. Mengatasi Jerawat

Jerawat memang bukan masalah kesehatan yang berbahaya, namun perlu disembuhkan karena dapat mengurangi penampilan. Ada cukup banyak obat jerawat, baik berbahan kimia maupun herbal.

Daun mimba merupakan salah satu obat herbal yang dapat digunakan untuk melawan bakteri penyebab jerawat karena adanya senyawa antibakteri di dalamnya. Bukan itu saja, kandungannya juga bermanfaat mencegah munculnya jerawat maupun minyak berlebih.

  1. Memiliki Kandungan Antimalaria

Manfaat daun mimba juga dapat memberikan efek antimalaria karena adanya senyawa aktif yaitu limonoid. Melalui studi dari sejumlah ahli, limonoid berpotensi efektif seperti pengobatan konvensional pada penderita malaria.

Baca Juga:  7 Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan Anda [Terbaru]

Meski demikian, penelitian tabung ternyata tidak menunjukkan efek positif dari ekstrak mimba pada penyakit malaria. Oleh sebab itulah, efek antimalaria perlu dikaji lebih dalam untuk dijadikan obat malaria.

Daun mimba merupakan bahan herbal dari India yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Berbagai manfaat daun mimba juga telah melalui studi dari ahli yang menunjukkan senyawa penting untuk pengobatan alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here