Manfaat Sirup Kawista Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

0
40

Masih banyak orang yang belum mengenal buah kawista, padahal jika sudah diolah ada banyak sekali manfaat sirup kawista bagi kesehatan. Apalagi, buah ini sudah lama dikenal serta digunakan dalam pengobatan herbal tradisional di area India dan sekitarnya.

Buah kawista (Aegle Marmelos) ini banyak ditemukan di Pakistan, India, serta negara-negara Asia Tenggara lainnya. Bentuknya seperti jeruk dengan kulit keras berwarna kuning keabu-abuan, daging oranye muda atau cokelat karamel, dan aroma harum seperti pisang.

Inilah 7 Manfaat Sirup Kawista Bagi Kesehatan Tubuh

Kawista matang serta kulit batang pohonnya dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Biasanya, kawista bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan gula aren sebagai jus, diiris dan dikeringkan untuk dijadikan teh herbal, hingga diolah menjadi selai.

Buah kawista atau biasa juga disebut sebagai buah batok memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi sebagai sirup, rasanya juga menyegarkan. Apabila tertarik mengonsumsi, berikut ini 7 manfaat sirup kawista bagi kesehatan yang perlu Anda tahu.

  1. Mengurangi Radang Usus

Menurut berbagai penelitian, salah satu manfaat dari kawista mentah adalah melindungi tubuh manusia dari penyakit radang usus seperti Crohn dan Kolitis. Penelitian juga dilakukan pada kelompok tikus penderita kolitis yang diberi ekstrak mentahannya.

Hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak buahnya itu dapat membantu mengurangi peradangan di dalam usus. Artinya, salah satu manfaat sirup kawista bagi kesehatan adalah mengurangi radang usus.

  1. Meredakan Diare

Buah kawista mentah dapat digunakan untuk mengobati diare karena memiliki sifat antibakteri. Oleh karena itu, apabila buahnya diolah kembali ekstraknya menjadi sirup juga tidak kalah bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri penyebab diare.

  1. Mengendalikan Gula Darah

Selain itu, buahnya juga dapat membantu dalam pengelolaan diabetes dengan menurunkan kadar gula darah. Tidak hanya buahnya, tetapi kulit batang pohonnya juga mengandung senyawa UFG (umbelliferone β-D-galactopyranoside)

Baca Juga:  10 Gejala Awal kanker Pada Laki-laki

Menurut penelitian, senyawa tersebut diketahui berkhasiat menurunkan kadar insulin plasma dan glukosa darah. Sehingga selain mengonsumsi sirup ekstrak buahnya, Anda juga bisa mengonsumsi ekstrak kulit batang kawista.

  1. Menurunkan Demam

Buah kawista secara turun temurun dikenal dan digunakan oleh penduduk Asia sebagai obat penurun demam alami. Meskipun sampai saat ini belum ada penelitian rinci yang membuktikan khasiatnya untuk menurunkan demam, namun Anda bisa mencobanya sendiri.

  1. Melancarkan Haid

Manfaat sirup kawista bagi kesehatan selanjutnya adalah melancarkan haid dan keluhan terkait haid. Selain sirup dari buah, ekstrak kulit batang pohonnya juga bisa dijadikan sebagai ramuan jamu untuk melancarkan haid.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas melalui senyawa oksida nitrat dan 1,1-difenil-2-pikrilhidrazil (DPPH) di dalamnya. Namun, perlu diingat bahwa buah ini tidak dapat menyembuhkan kanker, hanya mengurangi risikonya.

  1. Menambah Energi

Jika Anda memiliki tingkat gula darah rendah atau membutuhkan energi pada saat-saat tertentu, cobalah mengonsumsi sirup kawista. Buah ini mengandung glukosa cukup tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi.

Selain itu, buah ini sering digunakan dalam pembuatan tonik yang berfungsi mengembalikan energi yang hilang setelah melakukan aktivitas seperti olahraga berat, kerja lembur, dan pekerjaan ekstra lainnya.

Namun, Anda tidak bisa sembarangan mengolah dan mengonsumsi buah satu ini. Pilihlah jenis yang buahnya kecil dan bercangkang keras untuk dikonsumsi sebagai obat. Anda juga bisa mengolahnya menjadi sirup untuk mendapatkan manfaat sirup kawista bagi kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here