Potensi dan Manfaat Tanaman Krokot Bagi Kesehatan

0
90

Manfaat tanaman krokot mungkin tidak banyak diketahui orang, padahal potensinya cukup besar untuk menjaga kesehatan. Sayuran hijau satu ini dapat diolah menjadi berbagai menu makanan atau dikonsumsi secara langsung.

Beberapa cara pengolahan sayuran ini dapat dijadikan sebagai sup, tumis, atau dijadikan sebagai salad. Selain itu, Anda juga dapat mencampurkannya dengan sayuran panggang atau untuk hiasan makanan sehingga penampilannya tampak cantik.

Meski demikian, perlu diingat bahwa tanaman ini memiliki senyawa oksalat dalam jumlah besar. Senyawa ini dapat menimbulkan batu ginjal maupun menganggu penyerapan mineral dalam tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak.

Manfaat Tanaman Krokot Bagi Kesehatan

Terdapat cukup banyak potensi tanaman krokot bagi kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan. Termasuk dalam tumbuhan sukulen, krokot memiliki rasa mirip seperti bayam maupun selada air.

Sayur dengan nama ilmiah Portulaca oleracea ini memang segar untuk dikonsumsi, selain itu, manfaat tanaman krokot juga beragam. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika mengonsumsi sayuran hijau ini.

  1. Mengandung Omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan lemak baik yang tidak dapat diproduksi tubuh sehingga perlu mendapatkannya dari makanan. Ada cukup banyak makanan dengan kandungan omega-3, salah satunya krokot.

Tumbuhan ini bahkan memiliki dua jenis asam lemak omega-3, yaitu asam alfa-linoleat (ALA) dan asam eikosapentanoat (EPA). ALA memang sering ditemukan pada tumbuhan, sementara EPA lebih sering ditemukan pada produk hewani dan ganggang.

  1. Dilengkapi Antioksidan

Manfaat tanaman krokot lainnya adalah adanya kandungan berbagai macam antioksidan serta senyawa tumbuhan, misalnya vitamin C untuk kulit, otot, maupun tulang. Tumbuhan sekulen ini juga mengandung jenis vitamin E untuk menjaga membran sel dari kerusakan.

Bukan hanya itu saja, terdapat juga kandungan beta-karoten, merupakan antioksidan yang bisa diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sendiri dikenal berperan penting dalam membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Kaya Mineral

Bukan hanya antioksidan saja, tumbuhan sukulen ini juga kaya mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu mineral di dalamnya adalah kalium yang baik dikonsumsi sebab membantu mengontrol tekanan darah.

Baca Juga:  Imunisasi ketika anak sakit : Boleh atau Tidak?

Manfaat tanaman krokot yang tinggi kalium juga sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit stroke maupun jantung. Selain itu, terdapat juga kandungan magnesium yang terlibat dalam 300 lebih reaksi enzimatik.

Mineral lainnya dalam tumbuhan rokot adalah kalium yang sangat penting menjaga kesehatan tulang. Sementara fosfor dan zat besi dalam tanaman ini juga ada meskipun kadarnya tidak terlalu banyak.

Tanaman lebih tua mengandung lebih banyak mineral jika dibandingkan yang masih berusia muda. Oleh sebab itulah, ada baiknya memilih tanaman lebih tua ketika ingin mengonsumsinya agar mendapatkan mineral cukup untuk tubuh.

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat tanaman krokot berikutnya adalah untuk menurunkan berat bedan sebab memiliki kandungan serat tinggi. Tumbuhan ini juga hanya menadung sekitar 20 kalori saja pada setiap 100 gramnya.

Bukan hanya itu saja, tumbuhan ini juga telah mengalami studi dalam keefektifannya menurunkan berat badan. Dalam studi tersebut menunjukkan bahwa ekstrak krokot memiliki efek antiobesitas dan antidiabetes.

  1. Mengurangi Radang

Pada sebuah studi menunjukkan jika mengonsumsi biji krokot setiap harinya dapat menurunkan sitokin, merupakan senyawa dalam kontrol radang dalam tubuh. Hal inilah yang membuat bijinya dapat dijadikan untuk mengurangi peradangan.

  1. Kulit Tampak Sehat

Manfaat tanaman krokot terakhir adalah membuat kulit tambak sehat dan awet muda. Hal ini karena adanya banyak kandungan seperti antioksidan, asam lemak omega-3, juga beragam nutrisi lainnya.

Antioksidan merupakan kandungan yang dibutuhkan untuk memproduksi kolagen. Bagi beberapa orang yang belum memahami, kolagen merupakan kandungan yang dapat mengurangi kerutan serta elastisitas kulit.

Krokot merupakan salah satu sayuran hijau dengan berbagai kandungan serta nikmat dikonsumsi dalam berbagai menu masakan. Jika dikonsumsi secara tidak berlebihan, maka manfaat tanaman krokot sangat banyak untuk tubuh.

Baca Juga:  Waspadai “Usus Buntu” : Kenali Tandanya dan Cegah Komplikasinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here